Laman

  • Home

Selasa, 23 Januari 2018

Promosi Produk Jawa Tengah




Trophy Keramik Lembu Sora
Sudah tentu kami tidak akan memilih banyak produk untuk kami promosikan ke pasar ekspor, selain karena keterbatasan kami juga karena kami juga memahami bahwa strateti "menyulam dengan jarum" lebih efektif daripada "menusuk dengan sapu lidi". Hal inilah yang membedakan strategi pemasaran kami dengan instansi pemerintah yang mencoba menawarkan sebanyak mungkin produk Jawa Tengah di setiap event pameran yang diikuti maupun digelarnya sendiri.

Memilih sebuah jarum runcing dan target tusuk (pasar) adalah konsentrasi kami, dimana kami akan melakukan seleksi produk-produk Jawa Tengah yang benar-benar unggulan yang akan kami promosikan pada pasar yang kebutuhannya sesuai dengan produk tersebut. Menurut keyakinan kami, menusuk dengan satu jarum lebih mudah dan efisien daripada menusuk beberapa titik dengan "lidi" (yang kurang runcing).

Menggugah ketertarikan adalah bagian tersulit dalam kegiatan promosi dan hal ini kami lakukan dengan produk yang memiliki kualitas di atas rata-rata, bahkan dibandingkan dengan produk dari pesaing luar negeri. Ketika tertarikan terbangun maka kami akan lebih mudah untuk menarik prospek buyer mengenal produk unggulan tersebut sampai dengan terjadinya minat beli. 

Pengalaman bertransaksi yang baik merupakan sebuah moment yang harus kita jaga keamanannya agar pelanggan puas dan kembali. Ketika kali kedua para pelanggan ini kembali maka kami akan menawarkan produk-produk unggulan lain yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Inilah strategi yang kami lakukan, bisa jadi setiap negara akan kami siapkan ":jarum" yang berbeda karena kebutuhan masing-masing negara berbeda.

Yang menjadi tantangan kami adalah bagaimana kami mendapatkan produk-produk yang benar-benar bisa menjadi unggulan dan mampu menjadi jarum. Upaya seleksi dan sourcing terus kami lakukan untuk memperkaya persenjataan kami dalam melakukan penetrasi pasar. Mungkin bagi beberapa perusahaan besar penetrasi pasar bukanlah hal yang terlalu sulit, namun untuk produk UMKM hal ini merupakan tantangan yang sangat berat.

Upaya dan strategi ini akan terus kami lakukan guna menyikapi keterbatasan dan efisiensi anggaran promosi yang harus kami upayakan sendiri. Semoga beberapa produsen yang memiliki produk-produk istimewa bisa segera bergabung dengan kami.