Laman

  • Home

Kamis, 18 Januari 2018

Persiapan KRENOVA JATENG 2018

Persiapan KRENOVA 2018 di UPP IPTEKIN BAPPEDA Jateng.
Ajang adu kreasi dan inovasi masyarakat yang bertajuk KRENOVA saat ini memang sudah mulai dikenal masyarakat Jateng. Bahkan kehadirannya setiap tahun ditunggu-tunggu oleh masyarakat umum non akademisi sebagaimana ajang KRENOVA 2018 nanti.

Pada haris Kamis ini, UPP IPTEKIN Bappeda Jawa Tengah selaku penyelenggara kegiatan ini mengundang Bappeda Kota dan Kabupaten se-Jawa Tengah beserta para team penilai untuk melakukan evaluasi dan penyempurnaan sistem lama untuk penyelenggaraan kegiatan ini di tahun 2018.

Berbagai usulan dan kritik dari daerah memberikan kesimpulan bahwa mereka sudah sangat memahami tujuan dan esensi kegiatan KRENOVA ini, sehingga diharapkan penyelenggaraan tahun 2018 ini KRENOVA lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya terutama pasca lomba dimana komersialisasi temuan dan inovasi masyarakat bisa diserap oleh pembeli maupun investor.

Peserta FGD mendengarkan penjelasan teknis penyelenggaran KRENOVA 2018

FGD dipimpin langsung oleh Ka UPP IPTEKNI Bappeda Jawa Tengah
Penyelenggaraan KRENOVA tahun ini akan lebih selektif dalam memilih temuan dan inovasi dalam hal originalitas dan kebaharuan karena banyak para inovator yang kurang jeli dan cermat memahami hal ini. Disamping itu aspek komersialisasi akan menjadi penekanan dalam penilaian para juri karena pemenang Krenova tahun 2018 diharapkan bisa menarik para pembeli atau investor.

Jika pada Krenova tahun-tahun sebelumnya juri ada sekitar 5 orang maka pada Krenova 2018 nanti akan ada 6 juri yang akan mewakili keahlian pada bidang masing-masing. Kelonggaran jumlah peserta dari kuoata setiap daerah, batasan jumlah peserta dari setiap daerah adalah 5 orang atau kelompok tetapi jika dirasa batasan ini kurang maka daerah bisa mengajukan penambahan secara tertulis.

Para pemenang Krenova akan mendapatkan berbagai fasilitasi mulai dari Hak Cipta, Patent maupun pelatihan-pelatihan yang terkait dalam pengembagan kapasitas para inventor sebagai pengusaha berbasis teknologi. Program inkubasi juga telah dipersiapkan bagi para pemenang Krenova selain juga program business matching yang menjadi jembatan komersialisasi produk inovasi dan temuan mereka.

Di tahun 2018 ini kami juga berharap adanya peningkatan jumlah dan kualitas peserta Krenova sehingga ajang Krenova semakiin bergengsi. Sebuah kesempatan bagi masyarakat Jawa Tengah yang kreatif dan inovatif untuk mendapatkan pengakuan dan peluang untuk maju.