Laman

  • Home

Kamis, 25 Januari 2018

Pentingnya STP Dalam Membangun Strategi Marketing

Pentingnya STP Dalam Membangun Strategi Marketing
Jika mengamati beberapa strategi marketing para pelaku UMKM, kami masih sering melihat mereka masih kurang fokus pada target pasar yang dipilihnya sehingga strateginya tidak tajam dan berhasil baik. Terlebih lagi ketika kami tanya positioning mereka, bahkan di antara mereka tidak tahu apa arti positioning.

Mereka tidak memahami arti positioning namun mereka telah membuat strategi marketing, maka sudah pasti strategi mereka hanya bisa tersaji di atas kerja dan selanjutnya sulit untuk dilaksanakan di lapangan. Dan pada akhirnya mereka akan memperdebatkan bahwa praktek lebih penting daripada theory sekedar untuk menutupi bahwa mereka tidak benar-benar tahu apa yang mereka kerjakan.

Sangat penting bagi para pelaku UMKM untuk memahami bagaimana melakukan segmentasi pasar, terkait bagaimana mereka memilih segmen pasar untuk produknya. Tentunya segmen pasar yand dipilih adalah sesuai dengan kondisi dari produk yang ditawarkan. Bagaimana memahami pasar merupakan hal yang paling penting sebelum kita melakukan segmentasi.

Kelompok pasar yang paling dominan dalam segmen yang telah dipilih bisa kita jadikan target pasar karena potensi belinya yang besar. Dengan pemahaman target pasar yang lebih baik, misalnya: perilaku pembelian, kebutuhan dan ekspektasi pasar maka kita memiliki informasi pasar yang sangat penting dan berharga.

Setelah kita melakukan segmentasi dan targeting, maka tahap selanjutnya adalah bagaimana menentukan positioning. Positioning sangat ditentukan oleh pemahaman kita terhadap pasar dan kebutuhannya karena sejatinya positioning adalah bagaimana kita memberikan "umpan" kepada target pasar. Pemahaman positioning yang tepat memberikan jaminan bahwa kita akan mampu memberikan pemuasan kebutuhan kepada target pasar.

Itulah sebabnya dalam membangun strategi marketing kita harus benar-benar memahami STP dengan benar, dan hal ini adalah theory. Jika para pelaku UMKM sudah bisa memahami hal ini maka selanjutnya strategi marketing mereka akan tajam dan mengena sasaran.