Laman

  • Home

Selasa, 16 Januari 2018

Pendampingan Akses Pemasaran ke Retail Modern & HOREKA

Akses pemasaran GULANAS ke HOREKA
Masih dalam kegiatan business matching, hari Selasa ini giliran kami mendampingi GULANAS dalam melakukan akses pasar ke retail modern dan HOREKA. Pasar modern merupakan salah satu kanal distribusi yang dipilih oleh PT Gula Energy Nusantara (GULANAS) yang memproduksi gula cair baik gula tebu cair maupun gula kelapa cair. Selain pasar retail modern, GULANAS juga menggarap pasar HOREKA (Hotel, Resto dan Kafe) dan pasar tradisional yaitu industri kecil dan industri besar.

Akses pasar ke retail modern dan HOREKA menjadi jauh lebih mudah ketika tahapan promosi produk dan brand yagn telah dilakukan sejak 3 tahun lalu. Sangat berbeda dengan kondisi 3 tahun yang laiu, karena saat ini permintaan gula cari cenderung meningkat terutama dari sektor industri.

Dalam pemanfaatan di industri, kecenderungan pemakaian gula cair didasarkan pada aspek kepraktisan dan efesiensi prosesnya terutama pada industri kecap, minuman dan makanan. Bahkan yang diluar dugaan kami ada sebuah permintaan supply dari perusahaan besar penghasil sampo yang memanfaatkan material gula cair.

Pasar retail modern lebih ditekankan pada bagaimana memperkenalkan produk GULANAS kepasa masyarakat luas sehingga aspek promosi menjadi tujuan utama. Meskipun pada awalnya GULANAS sudah tersedia di Trans Retail group namun ada beberapa pembaharuan data yang perlu dipenuhi untuk pembaharuan tersebut dan Rumah UMKM siang ini mendampingi meeting dengan Trans Retail. Beberapa retail modern lain pun sudah berhasil diakses oleh GULANAS dalam upayanya memperkenalkan opsi gula baru kepada masyarakat. .

Pengurusan vendor baru di Trans Retail Group.
Pasar HOREKA juga secara simultan digarap oleh GULANAS karena pasar HOREKA di Jakarta sudah mulai aware dengan produk GULANAS. Beberapa franchise minuman pun sudah mulai menggunakan produk GULANAS baik di Jakarta, Bandung, Semarang maupun Surabaya.

Pada hari ini pun kami lanjutkan pendampingan pemasaran itu ke Strada Cafe di Semarang dan ternyata mendapatkan tanggapan positif untuk memberikan trial penggunaan gula cair pada minumannya. Sebuah peluang besar dalam menggarap HOREKA di Jawa Tengah, dan memberikan motivasi untuk terus mengembangkan pemasarannya di Cafe-Cafe lain di wilayah Jawa Tengah.
 
Akses pasar Cafe di Semarang.
Sebuah lompatan yang menggembirakan dalam rangkaian perjalanan panjang perjuangan menjadi pioner dalam gula alami cair di Indonesia. Semangat dan motivasi UMKM binaan ini untuk menjadi perusahaan berskala nasional patut kami acungi jempol, mengingat kami mendampinginya sejak awal sehingga kami juga ikut merasakan kendala dan kesulitan yang dihadapi oleh UMKM ini. Tetap semangat dan maju terus GULANAS !