Laman

  • Home

Kamis, 11 Januari 2018

Mulai Terkuak, Rahasia Sukses Bisnis Cafe.

Ramainya Strada Cafe, sebuah Cafe Bisnis di Semarang.
Awalnya saya masih berpikir bahwa suksesnya sebuah bisnis cafe utamanya adalah karena racikan kopi dan minuman lainnya yang enak dan "nendang", namun sepertinya keyakinan saya membawa faktor cita rasa tidak menjadi nomor satu melainkan mungkin nomor tiga. Mengapa demikian?

Senang nongkrong di Cafe dan ngobrol membawa mencoba beberapa cafe baik di Semarang maupun di kota-kota besar lainnya. Nongkrong sambil belajar dengan cara mengamati beberapa Cafe yang ramai pengunjung, disamping juga berinteraksi dengan pengunjung Cafe yang lain untuk mendapatkan info dan komentar mereka mengenai Cafe tersebut.

Lantas apa yang menjadi nomor satu dan nomor duanya? Ternyata dari beberapa pengamatan saya, beberapa Cafe yang sukses adalah Cafe yang mampu menciptakan interaksi aktif antara pengunjung satu dengan yang lainnya, dimana pengelola atau pemilik Cafe menjadi motor komunikasinya. Hal ini yang saya amati sangat mencolok dari kunci keberhasilan bisnis Cafe tersebut. Para pengusaha Cafe harus mampu menjadi motor komunikasi atau mampu memilih seorang manager Cafe yang mampu melaksanakan fungsi tersebut agar interaksi aktif antar pengunjung bisa dibangun dengan baik. 

Sangat penting membuat suasana "berada di lingkungan sendiri" saat pengujung lain mengenal mereka dan terbangun komunitas baru di Cafe tersebut. Mungkin hal ini kembali pada esensi Cafe sebagai tempat "nongkrong" dimana dalam arti nongkrong para pengunjung bisa berdiskusi santai dan bebas dengan pengunjung yang lain sehingga tujuan dari "nongkorng" tersebut tercapai.

Selanjutnya apa yang menjadi nomor duanya? Sebuah prosesi saat ini menjadi penting dalam sebuah bisnis, karena konsumen tidak hanya butuh produk melainkan juga butuh experience dalam menikmati sajian kopi. Prosesi ini adalah saat mereka bisa melihat atau bahkan mungkin terlibat dalam meracik kopi yang akan disuguhkan kepadanya. Melihat para barista meracik kopi merupakan sebuah "entertainment" tersendiri untuk para pengunjung apalagi jika mereka mampu menyuguhkan demontrasi meracik kopi yang unik dan menarik.


Proses meracik kopi di Kopi Tarik Ungaran
Masih dalam lingkup prosesi, keterlibatan crew Cafe dalam berinteraksi dengan pengunjung harus mampu melayani kebutuhan "selfie" pelanggannya dengan baik. Banyak momen yang perlu diabadikan di Cafe tersebut dengan bantuan dari crew Cafe tersebut. Beberapa kali saya sering meminta manager Cafe untuk mengajari team-nya untuk bisa melakukan pengambilan foto dengan camera handphone yang diminta oleh pengunjungnya. Interaksi ini akan menjadi sebuah proses yang unik dalam pelayanan sebuah Cafe.

Baru setelah faktor nomor satu dan dua, maka cita rasa makanan dan minuman akan mengambil peran yang sangat menentukan dalam keberlangsungan bisnis tersebut disamping dengan layanan yang sangat ramah dari Cafe tersebut. Jangan lupa juga bahwa Cafe harus menjadi tempat yang fotogenik untuk melakukan selfie, sehingga penataan interior dengan konsep khusus juga harus diperhatikan.

Demikian apa yang bisa saya share untuk teman-teman yang ingin membuka bisnis Cafe, semoga bermanfaat.