Laman

  • Home

Selasa, 09 Januari 2018

Jika SDM Semakin Membebani, Maka Kemitraan Adalah Solusinya.

Mitra adalah apa yang mesti dikembangkan oleh UMKM
Setiap tahun upah minimum regional naik, tanpa pernah ada kompromi dengan para pengusaha terutama UMKM sebelumnya. Yang dijadikan acuan oleh pemerintah adalah tingkat kebutuhan hidup tanpa melihat realitas bahwa banyak usaha yang kssulitan untuk bertahan justru karena beban-beban seperti ini. Kenaikan UMR/UMK yang ditentukan oleh pemerintah tidak mengajarkan kepada para tenaga kerja untuk bersaing dalam hal kompetensi dan justru seolah memanjakan mereka.

Imbas dari semua ini adalah pada para pelaku UMKM yang semakin kesulitan dalam mencari tenaga kerja (karyawan) atau juga semakin berat beban biaya usaha yang harus mereka tanggung tanpa ada "benefit" atas kenaikan UMR tersebut kepada mereka karena kenaikan UMR adalah karena regulasi.Banyak UMKM yang mengeluhkan hal ini kepada kami, apalagi beban usaha yang lain juga tidak mau kalah, seperti listrik, bahan baku, pajak dan sebagainya. 

Jika memang hal ini sudah sulit untuk diakomodasi maka perlu suatu upaya efisiensi dari para pelaku UMKM dalam menekan biaya usaha agar profit usaha mereka selalu terjaga. Salah satu upaya adalah dengan jalur kemitraan, mulai dari mitra produksi sampai mitra pemasaran. Sudah banyak pelaku UMKM yang melakukan sub kontrak pekerjaannya dengan perusahaan lain, dimana perusahaan sub kontraktor mengerjakan sebagian pekerjaan tersebut kepada pemilik pekerjaan. Hal ini dilakukan karena dengan cara sub kontraktor ini maka pemilik pekerjaan bisa menekan biaya produksi daripada harus melakukan produksi sendiri. Hal ini biasa terjadi pada usaha skala kecil dan menengah karena beban perusahaan mereka sudah mulai berat.

Dalam bidang pemasaran pun sudah banyak pelaku UMKM yang mencari mitra distributor atau agen untuk mengurangi beban biaya pemasaran apabila mereka melakukan pemasaran sendiri. Kemampuan memilih mitra menjadi suatu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh para pelaku UMKM agar tujuan mereka bermitra bisa tercapai. Tujaun kemitraan ini selain untuk melakukan percepatan progres juga dimaksudkan untuk melakukan efisiensi produksi dan meningkatkan produktivitas.

Sebelum berkembang menjadi besar, para pelaku UMKM harus sudah menguasai kemampuan dalam membangun kemitraan karena stategi ini akan banyak membantu pengembangan usaha mereka. Semoga sukses !