Laman

  • Home

Senin, 15 Januari 2018

Business Matching Ala Rumah UMKM

Kunjungan Pak GV ke Nuanza Porcelen
Permasalahan pemasaran tidak bisa selesai dalam sebuah konsultasi di ruangan, karena pemasaran adalah ilmu praktis. Selain memberikan pembekalan ilmu pemasaran pada para pelaku UMKM dan konsultasinya, Rumah UMKM juga secara aktif melakukan promosi dan pemasaran langsung kepada para relasi buyer baik dalam dan luar negeri.

Pada hari ini Rumah UMKM mendapatkan kunjungan dari relasi buyer dari Italia yang sedang mempersiapkan sebuah show room di Dubai, Uni Emirat Arab. Pak GV adalah relasi lama yang menjadi buying agen untuk sebuah perusahaan di Dubai. Dalam kunjungan ini, Pak GV meminta kami untuk mengantarkannya ke produsen keramik yang kebetulan adalah binaan kami di Boyolali, yaitu Nuanza Porcelen. 

Pertumbuhan property di Middle East yang sangat pesat merupkan peluang yang besar bari produk-produk building material seperti 3D Mosaic yang saat ini ditekuni oleh Nuanza Porcelen. Dan hal ini sudah kami pahami sejak awal ketika mencoba menangkap peluang dari berbagai jaringan buyer yang kami miliki.

Mungkin business matching yang kami lakukan sedikit berbeda dengan kegiatan bisnis matching yang sering diadakan oleh pemerintah, dengan menghadirkan banyak UMKM dan perwakilan buyer. Kami merasa mempertemukan "kebutuhan" antara produsen dan buyer bukanlah hal yang mudah, semakin banyak pihak yang dikelola maka peluang justru semakin sulit. Oleh sebab itu kami memiliki kegiatan bisnis matching yang secara spesifik menggarap satu produsen dan satu buyer sehingga kami bisa lebih fokus dalam memdampingi UMKM dalam memahami kebutuhan buyer.

Produk Figurine, Penari Bali

Gift and Souvenir, biasa dipesan oleh perusahaan untuk promosi.

Trophy Golf, tidak hanya kejuaraan lokal tetapi juga internasional.

Proses membuat master adalah proses yang sangat penting dalam produksi keramik.

Proses produksi cetak keramik.

Proses pewarnaan keramik.

Beberapa produk Table Ware Nuanza Porcelen

Mini Shop, melayani pengunjung yang ingin membeli eceran.

Produksi mosaic untuk sebuah proyek masjib besar di Jakarta.

Produk figurine, detail menjadi sebuah tuntutan dari pelanggan.

Kemampuan desain adalah strength point dari Nuanza Porcelen

Produk poci ayun dengan texture marmer.
Kami semakin termotivasi untuk selalu mempromosikan produk-produk Jawa Tengah ketika beberapa buyer mengatakan bahwa pasar mulai bergeser dari Eropa dan USA ke Asia, Middle East dan Afrika. Sangat kebetulan sekali kami beberapa tahun terakhir sudah memulai mengembangkan pasar ke negara-negara tersebut.

Dengan kualitas desain dan produk yang setara Nuanza Porcelen kami yakin tujuan promosi produk Jawa Tengah bisa tercapai, yaitu menusuk pasar dengan produk-produk UMKM yang berkualitas dan berorientasi ekspor. Inilah Business Matching yang dilakukan oleh Rumah UMKM dalam membantu pemasaran produk UMKM.