Laman

  • Home

Senin, 01 Januari 2018

6 Hal Fundamental dalam Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis
Memiliki hasrat untuk mengelola bisnis sangat penting bagi kesuksesan Anda. Namun hasrat dan gairah saja tidaklah cukup. Anda juga memerlukan keterampilan bisnis untuk mengelola organisasi usaha Anda dengan baik dan bertahan dalam jangka panjang. Anda perlu memahami perencanaan bisnis, strategi, keuangan, dan pemasaran. Jika Anda berencana mempekerjakan orang untuk membantu menjalankan usaha, maka Anda memerlukan keterampilan komunikasi, keterampilan kepemimpinan dan pemahaman tentang bagaimana memotivasi dan menghargai karyawan. Anda memerlukan visi strategis yang jelas bagi perusahaan dan kemampuan untuk membuat keputusan manajemen berdasarkan riset dan analisis pasar, persaingan dan kekuatan internal atau eksternal lainnya yang dapat mempengaruhi bisnis Anda.

Singkatnya, memulai dan mengelola bisnis membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis. Dalam program MicroMasters Manajemen Bisnis yang baru dari IIMBx dan edX, pengusaha, pelajar dan profesional dapat memperoleh pengetahuan mendalam tentang konsep kunci manajemen di 6 (enam) area fungsional. Dapatkan gambaran umum tentang akuntansi, keuangan, operasi, manajemen sumber daya manusia, pemasaran dan strategi. Lihatlah dunia bisnis nyata saat Anda mengembangkan pemahaman tentang masing-masing disiplin utama ini.

1. Orang (Manajemen SDM)


Sumber daya manusia adalah asset terbesar perusahaan Anda dan bagaimana Anda memimpin, memotivasi dan menginspirasi karyawan Anda dapat memiliki dampak besar pada kesuksesan perusahaan Anda. Dalam People Management, pelajari keterampilan kepemimpinan dan komunikasi kunci yang Anda perlukan untuk menjadi pemimpin yang sukses dan membangun organisasi yang kuat.


2. Operasi (Manajemen Operasi)

 Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di balik layar peluncuran produk baru seperti iPhone baru atau versi terbaru dari sebuah video game populer? Mengelola rantai pasokan dan memastikan produksi memenuhi permintaan di bawah tenggat waktu yang ketat dapat menjadi sangat kompleks dan sangat penting bagi kesuksesan bisnis. Dalam Manajemen Operasi, Anda akan mengeksplorasi aspek-aspek kunci dari operasi bisnis termasuk perencanaan kapasitas, analisis dan peningkatan produktivitas, jaminan kualitas dan konsep lean management. Pelajari tentang alat dan teknik untuk mengelola kualitas, menghitung waktu siklus untuk operasi dan mengatur dan mengkonfigurasi berbagai komponen rantai pasokan.

3. Akuntansi (Manajemen Akutansi)

 Pengelolaan akuntansi sehari-hari yang tepat dan keuangan bisnis sangat penting dalam operasional perusahaan. Dalam Akuntansi Pengambilan Keputusan, belajar tentang berbagai organisasi bisnis dan peran akuntansi di masing-masing. Anda juga akan belajar membaca, menganalisis dan menyiapkan laporan keuangan, keterampilan penting jika Anda berencana memulai atau menjalankan bisnis.
 
4. Strategi (Manajemen Strategik)

 Bagaimana bisnis Anda bersaing di industri ini? Bagaimana Anda bisa menciptakan keunggulan kompetitif? Apakah Anda mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis? Kemampuan untuk mengambil pandangan strategis tingkat tinggi bisnis diperlukan untuk mengidentifikasi peluang dan tetap berada di depan kekuatan eksternal seperti persaingan baru dan perubahan permintaan konsumen. Dalam Manajemen Strategik, Anda akan belajar bagaimana mengembangkan strategi bisnis termasuk menganalisis persaingan dan mengidentifikasi cara-cara agar bisnis Anda dapat memperoleh daya saing.

5. Keuangan (Manajemen Keuangan)

 Pertumbuhan dan pemeliharaan bisnis Anda mungkin memerlukan pembelian, investasi, merger dan akuisisi besar dan banyak lagi. Perencanaan keuangan dan pengambilan keputusan yang cerdas menciptakan nilai bagi organisasi Anda dan memastikan pertumbuhannya ke masa depan. Dalam Corporate Finance, pelajari alat dan teknik yang digunakan manajer untuk mengelola modal dan memaksimalkan nilai bisnis.

6. Pemasaran (Manajemen Pemasaran)

 Pemasaran lebih dari sekedar mengiklankan produk atau layanan. Anda harus mengidentifikasi dan berinteraksi dengan pelanggan Anda, tetaplah di atas perubahan kebutuhan dan keinginan mereka dan berikan proposisi nilai yang kuat. Dalam Manajemen Pemasaran, Anda akan mempelajari konsep inti pemasaran termasuk segmentasi, penargetan, diferensiasi, positioning produk dan banyak lagi. Skenario bisnis dunia nyata akan digunakan untuk mempelajari strategi dan alat pemasaran yang berbeda untuk menganalisis dan menemukan peluang.

Demikian 6 hal fundamental dalam manajemen bisnis yang sangat bermanfaat untuk mengingatkan beberapa hal yang dibutuhkan dan harus dikembangkan oleh para pelaku usaha dalam meningkatkan ketrampilan usahanya. Semoga sharing ini bermanfaat.