Laman

  • Home

Kamis, 21 Desember 2017

Sudah Saatnya Bukan Sekedar Jual Produk, Melainkan Bisnisnya.

Naik Kelas? Mereka Harus Kreatif.
Obrolan kreatif bagi kami sering muncul ketika kami "Ngopi" atau "Nyoklat" bareng, sebagaimana ketika kami selalu berdiskusi dengan UKMM binaan kami yang membutuhkan solusi kreatif pemasaran di masa digital saat ini. Memenangkan sebuah award di tingkat nasional tidaklah cokup untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat, mereka harus semakin kreatif setelah apa yang mereka raih saat ini.

Sudah bukan saatnya teman-teman UMKM sibuk menjual produk, melainkan menawarkan kepada kliennya sebuah bisnis. Bisnis ini yang akan mengikat customer dengan produk-produk yang dihasilkan. Bahkan saat ini yang bisa dijual oleh pelaku usaha bukan cuma produknya, melainkan juga proses produksinya. Customer membutuhkan experience, bukan sekedar produknya dan hal ini yang harus mulai diperhatikan oleh para pelaku usaha.

Berada di sisi customer dan menjadi mitra solusi bagi permasalahan mereka merupakan salah satu strategi pemasaran yang mulai dikembangkan oleh beberepa pelaku usaha. Mungkin inlah yang kami sebut sebagai keterikatan emosional antara produsen dan konsumen. Pasar memang semakin personal dan emosional, sehingga kepekaan terhadap perilaku pasar dan perubahan kebutuhan harus dimiliki oleh para pelaku usaha.

Pada Jumat sore ini, kami berdiskusi dengan KAKAKOA untuk mencoba ide pemasaran yang baru dan salah satunya adalah apa yang akan kami share kepada para pembaca berikut:













 
Biasanya UMKM paling takut bermain di pasar yang sempit (niche), karena takut tidak punya pasar, namun sebenarnya dengan bermain di pasar yang sempit kita akan lebih fokus dalam melihat potensi pasar dan potensi bisnis yang bisa dikembangkan. Konsep tersebut dikembangkan karena melihat peluang pasar yang sempit dengan sangat seksama dan selanjutnya dipertemukan dengan potensi dan asset yang dimiliki dari bisnis yang dimiliki.

Sebuah konsep bisnis yang menarik yang coba dikembangkan oleh KAKAKOA yang lebih membidik bisnis cafe daripada menjual produk secara eceran. Mereka menawarkan bisnis kepada customernya, mereka telah memilih pasarnya yaitu pasar bisnis bukan user.

Pasti akan berbeda solusi antara bisnis satu UMKM dengan yang lainnya, semua ditentukan oleh pasar yang mereka pilih dan karakter bisnis yang mereka lakukan. Strategi yang unik sangat dibutuhkan dalam menyikapi persaingan yang semakin ketat, dan kreativitas adalah solusinya.