Laman

  • Home

Rabu, 06 Desember 2017

Salted Egg Fish Skin - Kripik Asin Kulit Ikan

Salted Egg Fish Skin
Belum lama ini ada seorang pengusaha Semarang yang menginformasikan kepada saya tentang salah satu snack berupa keripik kulit ikan yang sedang booming di Singapore, dan meminta saya untuk menginformasikan hal ini kepada para pengrajin bandeng presto untuk mempertimbangkan variasi produk ini. Menurut pengusaha tersebut, produk ini pun bisa booming di Indonesia maupun jika bisa akan diekspor ke Singapore.

Pemanfaatan kulit ikan sebagai snack sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa UMKM di Jawa Tengah, namun mungkin olahannya yang kurang bercita rasa dan kemasannya yang biasa-biasa saja sehingga tidak begitu diminati.

Keripik kulit ikan juga diminati di Philipina

Produk dari IRVINS Salted Egg ini yang paling digemari di Singapore.
Tujuan saya menulis dan menginformasikan hal ini adalah agar para pelaku UMKM yang memproduksi olahan ikan bisa mempertimbangkan variasi produk ini, tentunya dengan olahan yang lebih baik cita rasanya dan dengan kemasan yang lebih menarik daripada hanya sekedar dikemas dengan plastik bening yang ditempel sticker.

Seharusnya kulit ikan memang bisa menjadi bahan baku snack yang gurih dan bernilai gizi tinggi sehingga bisa diupayakan inovasi dan kreativitasnya menjadi snack yang modern. Saya melihat potensi Tegal, Kendal, Pati dan Rembang sangat memungkinkan membuat olahan-olahan seperti ini. Usulan dari pengusaha tersebut diatas tentunya bukan atas dasar sekilas lewat, karena beliau adalah pengusahan makanan olahan yang cukup lama berbisnis bidang makanan dan sering kunjungan ke luar negeri, tentunya hal ini diinformasikan kepada saya atas dasar prospek pasar yang baik di pasar lokal maupun ekspor.

Meskipun saya harus melakukan penjajagan pasar ekspor di negara-negara lain, tetapi sekilas lihat jika kripik kulit ikan ini diolah seperti kripik rumput laut yang kita impor dari Jepang dan Korea maka potensi pasarnya pasti cukup besar. Apalagi hal ini juga merupakan merupakan pemanfaatan bagian ikan yang sering dibuat setelah difillet dalam proses produksi.