Laman

  • Home

Selasa, 05 Desember 2017

Mengintip Hasil Penjurian UKM Pangan Award 2017

Penjurian akhir UKM Pangan Award 2017 di Kementrian Perdagangan RI.
Setelah menunggu sekian lama, karena biasanya pengumuman pemenang UKM Pangan Award di tahun-tahun sebelum jatuh pada bulan Oktober, maka hari ini kami mendapatkan kabar hasil penjurian akhir dari ajang UKM Pangan Award 2017.  Keterlambatan penjurian ini dikarena adanya penyesuaikan sistem dengan yang baru, yaitu sistem pendaftaran dan seleksi secara online. 

Para peserta UKM Pangan Award 2017 dari Jawa Tengah pun saat ini merasa lega karena sudah ada hasil yang bisa lihat pada tabel di bawah ini:

Daftar Pemenang UKM Pangan Award 2017
Dari hasil di atas, Jawa Tengah hanya lolos 2 UMKM yaitu Coklat KAKAKOA dari Kabupaten Kendal dan Roti Gaplek INAGIRI dari Kabupaten Wonogiri. Hasil ini menurun dari tahun kemarin yang mampu meloloskan 5 UMKM, dan tahun sebelumnya lagi mampu meloloskan 8 UMKM. 

Produk pemenang UKM Pangan Award 2017
Terlepas dari menurunnya hasil pencapaian di tahun ini, kami melihat bahwa banyak hal yang mesti kami perbaiki dalam pembinaan UMKM Pangan di Jawa Tengah di masa mendatang, yaitu:
  1. Masalah kreativitas mengeksplorasi potensi lokal.
  2. Masalah kemampuan mengembangkan produk yang unik.
  3. Masalah kemasan produk yang menarik.
Kami melihat bahwa ketiga hal di atas menjadi poin penilaian yang sangat signifikan dalam ajang UKM Pangan Award 2017, di samping membekali para pelaku UMKM dengan tampilan visual pada katalog, foto-foto produk, foto-foto dan video proses produksi.
Tentunya masalah ini akan menjadi evaluasi kami di tahun mendatang, mulai dari tahapan seleksi yang melibatkan kota dan kabupaten sampai dengan kesiapan UMKM melakukan registrasi secara online. Instansi terkait di tingkat kota dan kabupaten harus mendapatkan sosialisasi dan pemahaman yang lebih baik dalam memahami arti ajang ini dalam mengangkat promosi dan pemasaran produk UMKM lokal.

Pencapaian yang dilakukan oleh para peserta UKM Pangan Award 2017 ini bagi kami sungguh luar biasa, karena pada seleksi awal banyak sekali pembenahan yang harus dilakukan sebelum mereka melakukan registrasi online. Dalam hitungan bulan perjuangan teman-teman UMKM dalam mempersiapkan produk-produk yang layak tanding sungguh luar biasa. Bagi kami, sisi sangat bernilai kewirausahaan yang kuat karena mereka memperjuangkan daya saing produknya tersebut dalam ajang persaingan produk yang ketat di tingkat nasional.

Mereka sudah hebat, dan perjuangan tidak akan berhenti sampai di sini karena perjuangan bisnis yang sebenarnya sebenarnya selalu setia menanti mereka. Dengan produk yang mereka miliki saat ini, kami yakin bahwa pasar akan mengapresiasi produk mereka dengan lebih baik karena mereka sudah terseleksi dalam hal legalitas, kualitas dan kemasannya. Hal ini tentunya akan menjadi peniliaian sendiri bagi pasar modern di Jawa Tengah untuk menggandeng mereka sebagai vendor atau supplier mereka.