Laman

  • Home

Kamis, 14 Desember 2017

Kopi, Yang Menyatukan Visi Dalam Networking.

Networking di Cafe Strada Cafe.
Marketing is about connecting the dots, mungkin hal ini adalah apa yang saya yakini dalam perkembangan pemasaran jaman now yaitu membangun networking. Bagaimana informasi yang berkualitas ternyata lebih cepat tersebar dalam network daripada melalui media lainnya. 

Strada Cafe hanya 5 menit dari kantor, dan selalu menjadi tempat bagi kami untuk bertemu dengan relasi, UMKM maupun dengan pengusaha-pengusaha lain. Perkembangan Strada Cafe ini sebagai cafe bisnis cukup pesat, sebagaimana hari ini ketika kami bertemu dengan teman-teman dari industri pembiayaan. Hampir semua kursi terisi di sore ini, dan Cafe ini segera menjelma menjadi ruang meeting bisnis bagi para pengunjungnya.

Kami merasakan bahwa environment bisnis di Cafe ini sangat kental karena beberapa pengusaha terkemuka di Semarang ternyata juga menjadi pengunjung tetap Cafe ini. Di sinilah kami ingin larut dalam suasana networking yang dibantu oleh pemilik Cafe sebagai jangkar koneksi satu sama lain. Kopi benar-benar menyatukan berbagai visi.

Bersama relasi dari industri pembiayaan.
Networking di Cafe Bisnis

Bisnis dimulai dari informasi, komunikasi dan transaksi transaksi. Mungkin inilah pemahaman sederhana kami dalam membangun networking, mulai dari berbagi informasi, berdiskusi dan berkomunikasi dan selanjutnya menuju ke arah transaksi. Perkembangan bisnis yang luar biasa di luar lingkungan kita tidak bisa terserap seluruhnya oleh kita dengan keterbatasan kemampuan yang kita miliki, butuh pihak lain yang bisa mengisi kekurangan tersebut sehingga dari latar belakang inilah kebutuhan untuk membangun networking tumbuh semakin kuat.

Network membuat dunia semakin kecil. Dunia digital telah mengajarkan kepada kita bagaimana semua harus 'terkoneksi" dan menjadi "spesialis". Semakin luas network yang kita bangun maka semakin besar peluang bisnis yang datang kepada kita dan semakin besar kemampuan kita dalam menangkap peluang tersebut. Jaringan supply, jaringan distribusi dan jaringan pemasaran yang selalu kita bangun pada akhirnya akan memberikan hasil yang mengejutkan.

Ngopi bareng, sambil memberikan konsultasi dengan UMKM


Membangun konsep bersama mitra kerja.

Networking
Konsep memberi dan berbagi dalam networking adalah yang terpenting, dengan "memberi" dan "berbagi" maka jejaring kita akan terus tumbuh. Ketika dari kita hanya mau menerima informasi tanpa mau berbagi maka networknya tidak akan bertumbuh dan mungkin justru akan terputus.

Tidak mudah menyatukan visi dari berbagai latar belakang yang berbeda, dan ternyata "kopi" atau "ngopi" adalah ajakan networking yang sulit sekali ditolak. Banyak orang suka "ngopi" sehingga kegiatan ini bisa menjadi sebuah undangan atau ajakan untuk memulai networking. 

Cita rasa, suasana dan hospitality merupakan bagian dari budaya "ngopi" yang harus tercipta agar Cafe memiliki daya tarik sebagai tempat networking atau komunitas bisnis.Tidak mudah membangun konsep cafe yang seperti ini, dan hal ini perlu dipahami oleh para pemilik Cafe. 

Banyak Cafe tumbuh di kota Semarang, namun menjadi sebuah Cafe Bisnis tidaklah mudah. Jika Starbuck dan Coffee Bean di kota besar bisa menjadi Cafe Bisnis namun di kota ini, mereka hanya sebagai tempat hang out atau nongkrong saja. Baru di Strada Cafe ini perlahan-lahan saya melihat Cafe ini tumbuh menjadi Cafe Bisnis seperti yang saya harapkan. Pengunjung bisa datang dan bekerja di Cafe ini sambil menunggu relasi, karena suasananya mendukung. Saya berharap di kota Semarang tumbuh Cafe yang semacam ini sehingga memberikan "ajakan" baru bagi kami untuk berkunjung dan membangun network.