Laman

  • Home

Rabu, 13 Desember 2017

Dengan Kemasan Menarik, Produk UMKM Layak Bersanding Dengan Produk Industri.

Produk coklat UMKM, Kakakoa Chocolate
Dalam eCommerce, konsumen sudah tidak memperbandingkan apakah itu produk UMKM atau produk industri ketika produk itu tampil menarik dengan kemasan yang cantik. Hal inipun mulai merambah ke pasar modern (supermarket dan mini market), dimana konsumen sudah mulai melakukan hal yang sama.

Kemasan memang menjadi sangat penting bagi produk UMKM dalam menarik perhatian awal dari konsumen, dan selanjutnya kualitas produk itu sendiri yang akan melakukan ikatan emosionalnya dengan konsumen seperti cita rasa untuk produk pangan dan workmanship untuk produk non pangan. Ketika hal-hal tersebut sudah bisa dipenuhi oleh UMKM maka produk mereka layak untuk bersanding dengan produk industri, apalagi saat ini akses ke pasar modern bagi UMKM bukanlah yang sulit.

Ketika kami dan pemerintah terus mengingatkan bahwa produk UMKM harus lebih lokal dan sehat dengan bahan baku alami, maka produk dari industri harus mulai berbenah dengan hal yang sama karena konsumen akan mulai melirik produk UMKM yang mereka rasakan lebih khas dan "lebih sehat" dibandingkan dengan produk industri yang akrab dengan bahan baku aditif untuk menekan bisa produksi.

Teknologi tepat guna dalam skala kecil pun sudah mampu dijangkau oleh UMKM sehingga kualitas dan efisiensi produksi bisa dicapai, hal inilah yang akan membantu UMKM utnuk mencapai harga pokok produksi yang lebih kompetitif. 

Ketika Coklat Kakakoa yang merupakan produk lokal dari Kabupaten Kendal Jawa Tengah kami perkenalkan kepada pasar luas, berbagai pertanyaan mulai berdatangan kepada kami. Apakah produk tersebut adalah produk UMKM? Mengapa kemasannya bisa lebih bagus dari berbagai coklat yang ada di pasaran? Apakah UMKM tersebut yang melakukan desain kemasannya sendiri atau ada perusahaan desain yang membantunya? Dan berbagai pertanyaaan lain terkait dengan kemasan produknya.

Ketika konsumen mulai mencoba kualitas dan cita rasa produk coklat Kakakoa, mereka pun mulai bertanya-tanya lagi, mengapa produk ini coklatnya lebih terasa? Apakah mereka bisa memesan untuk support usaha mereka (cafe)? Apakah bisa melakukan supply dalam jumlah yang relatif besar? Dan sebagainya.

Sebagai pemenang UKM Pangan Award 2017, memang untuk kualitas dan kemasan kita sudah tidak perlu meragukan coklat Kakakoa, bahkan untuk jumlah yang relatif besar pun Kakakoa telah mempersiapkan fasilitas produksinya. Belum terlalu besar namun, mereka telah menyiapkan kapasitas yang terbaik untuk saat ini sesuai dengan proyeksi pasar mereka.t

Dalam kualitas, jika dibandingkan dengan coklat-coklat yang beredar baik yang dalam bentuk coklat batangan maupun bubuk coklat untuk minuman maka Kakakoa akan mampu mengambil tempat di hati pelanggan. Mengapa? Karena Kakakoa memiliki kebijakan untuk menggunakan coklat asli dari petani binaannya.

Pasar bisnis memang menjadi prioritas dari Kakakoa dan kami dari Rumah UMKM akan terus mendampingi UMKM ini sampai berkembang besar.