Laman

  • Home

Senin, 25 Desember 2017

Bisnis Yang Bagus di Masa Mendatang?

Bisnis yang kreatif yang akan sangat prospektif di masa mendatang.
Jika yang datang pada konsultasi kami adalah bukan pelaku UMKM maka pertanyaan-pertanyaan mereka sudah hampir pasti bisa tertebak. Mulai dari pertanyaan:"Bisnis apa yang paling bagus sangat ini?", "Bisnis apa yang prospeknya bagus di masa mendatang?" dan semacamnya.

Sebenarnya kami lebih senang jika klien kami adalah pelaku UMKM, karena bisnis mereka sudah pasti dan sudah berjalan namun kami tidak juga tidak bisa menghindari pertanyaan mereka. Jawaban paling umum yang kami berikan adalah sebuah pertanyaan juga:"Apa yang ada minati? Apa yang akan miliki saat ini? Dan apa yang sudah anda lakukan dengan minat anda dan yang anda miliki (asset)?"

Kami berharap jika mereka bisa menjawab pertanyaan awal ini, maka konsultasi kami bisa berjalan dengan semestinya karena jika pertanyaan tersebut tidak terjawab seolah kami hanya mereka angan-angan kosong. Tidak harus memiliki usaha terlebih dahulu, konsultasi kami juga membantu para startup tetapi kami berharap siapa yang datang ke konsultasi kami paham apa yang mereka inginkan dan apa yang telah mereka lakukan.

Jika ditanya mengenai bisnia apa yang prospektif di masa mendatang, maka kami akan menyebut salah satunya yaitu "bisnis yang kreatif". Bisa berbagai hal, tetapi dasarnya adalah kreativitas, bisa memodifikasi dari ide-ide yang sudah anda dan membuatnya lebih unggul dan berdaya saing tinggi bisa juga membuat inovasi dari ide-ide yang belum pernah ada. Bisa dengan memanfaatkan teknologi, bisa juga dengan mengeksplorasi potensi alam yang ada di sekitarnya. Dengan kata lain, masih banyak peluang yang belum digarap dan kreativitaslah yang mesti dibangun terlebih dahulu.

Ada benarnya juga ketika pemerintah memberikan stimulan besar-besar kepada industri kreatif, karena memang industri ini nantinya yang akan menguasai masa depan. Bukan hanya sekedar menjadi produk yang kretif saja melainkan harus menjadi produk yang dibutuhkan oleh pasar karena merupakan solusi dari segala permasalahan di pasar.

Kemampuan mengeksplorasi semua potensi yang ada di sekitar kita menjadi hal yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.
Mulai dari bisnis applikasi android, games, eCommerce, eLearning, multimedia, videography, music dan sebagainya merupakan contoh bisnis kreatif di bidang teknologi. Kreatif dalam bisnis pun bisa dilakukan seperti membuat konsep pemasaran, franchise dan berbagai kreativitas lain dalam bisnis. Kreatif dalam produk juga sudah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha mulai dari inovasi produk sampai dengan modifikasinya dan lain sebagainya.

Bisnis ke depan akan lebih personal, sehingga kesempatan bagi para individu untuk mengembangkan potensi dan spesialisasinya menjadi sebuah bisnis. Kebanyakan orang kesulitan dalam mengenali potensi dan apa yang telah mereka miliki, dan hal inilah yang sering menghambat ide-ide bisnis yang sesuai dengan minat mereka.

Melalui konsultasi di Rumah UMKM kami akan membantu mengarahkan bisnis mereka sesuai dengan potensi, minat dan peluang bisnis yang ada. Pasti setiap orang akan memiliki kesesuaian bisnis yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, dan hal ini kami sadari benar. Tidak semua solusi untuk satu klien bisa kita berikan kepada orang lain karena pasti berbeda.