Laman

  • Home

Sabtu, 30 Desember 2017

Bisnis Kreatif : Menjadi YouTuber

YouTuber, Salah Satu Pilihan Bisnis Masa Depan.


Selain keseharian kami sebagai pembina UMKM, kami mengisi waktu longgar kami dengan hobby menjadi kontributor konten di YouTube. Hanya sebagai hobby pada awalnya, namun ketika kami melihat banyak anak muda yang sukses dengan YouTube kami pun mulai melirik untuk mencari uang dari YouTube. Kami memulai belum lama, dan ternyata hobby yang satu ini cukup asyik bagi kami mengingat kami juga sering sharing resep melalui website, facebook dan instagram.
Bahkan dari waktu ke waktu meskipun belum besar pendapatan kami dari YouTube tetapi terlihat peningkatan dolar dari akun kami, dan hal ini menjadi motivasi yang baru karena awalnya memang YouTube kami gunakan untuk sharing. Semangat sharing, dilandasi hobby dan konsisten memang menjadi modal utama menjadi seorang YouTuber, demikian kami belajar dari para pendahulu kami yang terhubung dalam komunitas online kami.
Nah, meskipun belum lihay benar namun apa yang telah kami dapat sekiranya cukup pantas untuk kami bagikan dengan teman-teman yang berminat mengais rejeki dari YouTube. Kategori yang kami pilih adalah food, dimana kami share resep dan wisata kuliner melalui akun YouTube kami. Check: https://www.youtube.com/user/jockokellick
Semoga sharing ini bermanfaat. 
Kategori Popular dalam YouTube

Apakah Anda berminat menjadi seorang Youtuber? Ada banyak bidang yang bisa dicoba, kunci suksesnya, cukup sesuaikan bidang yang dijalankan dengan hobi dan keahlian Anda. Simak beberapa kategori populer yang bisa menjadi pilihan Anda menjadi Youtuber. 

1. Makanan (Food) 
 Apakah Anda memiliki hobi yang berkaitan tentang kuliner seperti memasak, food dressing (menghias makanan)? Atau Anda senang makan dan senang menantang diri sendiri untuk mencicipi makanan yang unik dan tidak biasa? Nah, kategori Tema Makanan sangat cocok untuk menjadi pilihan tema video YouTube Channel Anda. Cara agar video laris manis banyak yang nonton, jangan lupa berbagi tips cara memasak, bereksperimen dengan menu baru, memberikan informasi seputar kuliner dan merekomendasikan menu atau tempat makan tertentu. 

2. Komedi (Comedy)

Video YouTube dengan tema-tema Komedi memiliki peluang sukses ditonton banyak orang. Apabila Anda tergolong orang yang senang mengekspresikan diri dengan cara-cara yang lucu, pilihan kategori ini sangat pas untuk Anda. Umumnya kategori komedi berisi skit atau scene lucu yang diperankan satu atau lebih dari satu orang.
Ceritanya beragam, bisa mulai dari cerita tentang kehidupan sehari-hari yang dikemas secara lucu dan menghibur. Atau Anda memiliki opini tertentu yang kekinian yang bisa disampaikan dengan mimik dan gerakan lucu. Agar Anda makin sukses dan video Anda disukai dan ditonton banyak orang, jadilah diri sendiri dan ciptakan lelucon lucu tapi tetap sehat, tidak bersifat menghina atau membully orang lain. 
3. Musik (Music) 
Kategori ini cocok untuk Anda yang hobi bernyanyi atau memainkan alat musik bahkan menciptakan lagu. Youtube bisa dijadikan media untuk Anda menunjukan bakat Anda dalam bidang musik seperti membuat cover lagu favorit Anda baik dengan kemampuan bernyanyi Anda baik solo ataupun kolaborasi, bisa juga dengan bermain alat musik. 
Nah, apabila Anda mempunyai lagu ciptaan sendiri, coba manfaatkan media YouTube untuk publikasi lagu ciptaan anda. Tidak usah malu, atau ragu, harus percaya diri dan selalu optimis bahwa karya Anda akan diterima dengan baik. Sarannya, buatlah video karya musik Anda selayaknya musik video, agar kualitas bakat Anda pada musik tersampaikan dengan baik dan kualitas video yang bagus akan membuat penonton makin menyukai karya Anda. 
 4. Kecantikan (Beauty) 
Kategori ini adalah yang sedang banyak dinikmati oleh banyak kaum hawa. Apabila Anda memiliki passion/hobi/ketertarikan dalam bidang kecantikan sepertihalnya make-up dan produk kecantikan lainnya. Anda bisa memulai dengan membuat video untuk tutorial make-up baik untuk kegiatan sehari-hari atau acara spesial dan juga memberikan tips kecantikan seperti tips memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tips memilih produk kecantikan yang murah tapi berkualitas. 
Anda juga bisa memberikan review terhadap produk kecantikan terbaru, hingga memberikan informasi mengenai produk tersebut. Berikan informasi mengenai produk kecantikan yang direview dengan jujur, jangan sampai mengecewakan subscriber dengan informasi yang salah dan akhirnya berisiko kehilangan subscriber. 
5. Kesehatan (Health)

Kategori ini juga memiliki banyak penggemar ini dikarenakan gaya hidup sehat yang telah menjadi tren dikalangan masyarakat terutama kaum urban seperti membuat video yang memuat informasi mengenai olahraga dan makanan sehat. Bagi Anda yang menerapkan gaya hidup sehat bisa berbagi informasi mengenai informasi kesehatan seperti tips diet, olahraga, masakan sehat, atau cemilan-cemilan sehat.

Ada banyak ide yang bisa Anda kembangkan, misalnya, Anda membuat tutorial memasak sehat, atau jenis makanan diet sehat hingga berbagi informasi mengenai tempat olahraga kekinian. Bahkan Anda juga bisa membuat video blog tentang kehidupan sehat yang Anda lakukan sehari-hari. Anda bisa menjadi sosok yang menginspirasi teman-teman dan masyarakat luas dari menshare video tentang kesehatan ala Anda. 
6. Art and Craft

Bagi Anda yang suka menggambar dan membuat kerajinan tangan, kategori ini cocok untuk Anda. Buatlah video yang berisi mengenai tutorial menggambar objek tertentu yang bisa diketahui semua orang seperti tokoh atau kartun terkenal. Untuk kerajinan tangan Anda bisa membuat tutorial bagaimana cara membuat scrap book atau benda unik lainnya. 
Tidak hanya itu Anda juga bisa merekomendasikan tempat untuk belajar bagaimana caranya membuat kerajinan tangan, informasi mengenai komunitas terkait bahkan sampai berjualan produk Anda. Kuncinya, Anda harus berani berbagi sisi kreatif yang Anda miliki, kreatifitas setiap orang berbeda-beda, dan tetap percaya diri dengan bakat yang Anda miliki.

7. Travelling

Video travelling atau jalan-jalan suka menjadi tren di YouTube. Jika Anda memiliki hobi melakukan perjalanan ketempat yang unik dan menarik di luar negeri ataupun dalam negeri, jangan lupa buat videonya. Hal yang menyenangkan dari berbagi cerita seru saat Anda jalan-jalan, berbagi pengalaman dan memberikan tips-tips travelling.

Rekam seluruh perjalanan Anda dan kemas secara menarik. Selain video perjalanan Anda, tambahkan pula tips liburan hemat, dan berikan rekomendasi tempat menginap, tempat makan dan tempat seru yang wajib dikunjungi. Atau, Anda bisa juga melakukan hal yang lebih seru, yaitu membuat video mengenai pengalaman lucu selama liburan, tantangan memakan makanan khas yang aneh dan memperkenalkan kebudayaan unik dari setiap daerah yang dikunjungi. Selain menghibur, penonton video Anda juga menjadi lebih pintar.

8. Sains (Science) atau Bahasa (Language)

Memang terdengar asing dan tidak biasa, tapi bukan berarti tidak bisa dibuat menjadi menarik. Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki ketertarikan terhadap sains (ilmu pengetahuan). Anda bisa membuat sebuah video tentang sains dan membuat orang mengenal sains dengan cara yang menyenangkan seperti membuat eksperimen unik yang aman dimainkan anak-anak dengan hanya menggunakan benda-benda sederhana yang bisa didapatkan di rumah. 
Sementara itu, Bagi Anda yang menguasai berbagai macam bahasa, bisa membagikan tips bagaimana mempelajari bahasa baru secara cepat, memberikan contoh soal atau kuis mengenai bahasa yang diajarkan bahkan memberikan pelajaran secara lansung layaknya video mengajar pada umumnya. Ada banyak cara, pilih dan buatlah video berbagi ilmu yang Anda miliki dengan masyarakat melalui YouTube. 

Menjadi seorang youtuber sukses itu gampang-gampang susah. Perlu usaha keras dan strategi pintar agar Anda bisa mencapai kesuksesan. Layaknya membangun usaha, semuanya harus dimulai dari nol selain itu akan ada banyak persaingan yang terjadi apalagi jika bidang yang ditekuni adalah yang paling banyak dilirik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendulang sukses menjadi youtuber. 

1. Konsisten hanya pada Satu Kategori

Jika akun Anda telah memiliki banyak subscriber ini berarti orang-orang suka dengan isi atau konten dari video YouTube Channel Anda. Sarannya, tetaplah mengisi konten yang sesuai dengan kategori Anda agar tidak kehilangan subscriber. Jangan hanya terpaku pada tren ketika akan membuat video, tidak ada salahnya membuat video yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan subscriber selama itu tidak keluar dari kategori video yang sudah ada. 

2. Kreatif

Tidak ada batasan dalam mengekspresikan diri. Menjadi kreatif tidak selalu melakukan hal yang aneh dan tidak terduga bahkan keluar dari kategori. Manfaatkan segala hal yang ada disekitar Anda ketika akan membuat video tapi tidak keluar dari kategori yang dipilih. Selalu berusaha mencari ide unik untuk konten video Anda dan selalu suguhkan video yang berkualitas dimana tidak hanya menghibur tapi juga informatif dan insipiratif. 

3. Disiplin

Tentukan jadwal yang jelas untuk upload video Anda. Karena ketika Anda telah memiliki subscriber yang cukup banyak sama saja Anda seperti memiliki penggemar. Berikan informasi yang jelas mengenai jadwal upload video kepada subscriber. Upload video sesuai dengan jadwal dan berusaha untuk tidak mangkir dari jadwal yang sudah ditentukan sendiri. Karena tanpa disadari bahwa selalu ada orang yang menantikan video Anda. Demi menjaga kualitas dari akun youtube dan tidak kehilangan subscriber, disiplin lah dalam meng-upload video. 

4. Berkomunikasi dengan Subscriber

Akan banyak manfaat yang didapatkan dengan terus menjaga komunikasi Anda dengan subscriber. Selain dapat memberikan ide, Anda juga bisa saling belajar dan bertukar informasi. Dengan bisa mendekatkan diri kepada subscriber tentu akan mempermudah Anda dalam membuat video sesuai dengan keinginan mereka. Jangan hanya terfokus pada komentar positif dan pujian tapi juga kritikan yang membangun. 

5. Memiliki Ciri Khas

Ciri khas adalah identitas Anda, cari hal yang dapat membedakan Anda dengan youtuber sejenis lainnya. Seperti nama akun yang unik, menggunakan gambar teaser untuk video Anda dengan jenis font yang selalu sama, latar belakang video, effect yang digunakan pada video, memiliki hashtag unik yang selalu Anda sertakan pada judul video dan lain-lain. Dengan perbedaan yang dimiliki tentu akan membuat akun Anda lebih berkesan dan mudah diingat.

Ada banyak cara mencari uang lewat youtube. Jika Anda telah memiliki banyak subscriber dan video Anda telah memiliki jumlah penonton yang banyak, langkah selanjutnya tinggal memanfaatkannya menjadi media promosi baik untuk produksi Anda sendiri atau produk orang lain (endorsment). Berikut beberapa cara untuk Anda yang ingin menambah penghasilan lewat youtube. 
 
Cara Dapatkan Penghasilan dari Youtube 


Membangun penghasilan dari YouTube
Cara Dapatkan Penghasilan dari Youtube via Youtube.com
1. Mengaktifkan Google Adsense

Aktifkan fitur ini, Anda bisa mendapatkan 1$ (Dollar) setiap fitur ini aktif pada video Anda. Format dari fitur ini adalah sebuah video yang berupa iklan sebuah produk dengan total waktu durasi yang berbeda – beda. Pada video, fitur ini akan aktif pada awal video, tengah dan akhir video Anda. Anda akan mendapatkan uang jika ada orang yang tertarik pada iklan video yang diaktifkan oleh Adsense ini. Seperti menonton video iklan dari Adsense sampai akhir tanpa meng-klik tombol skip. 
2. Review Produk

Biasanya istilah ini sering disebut dengan endorsment. Telah banyak produsen yang memilih para youtuber untuk mempromosikan produk mereka. Para produsen akan melirik akun youtube yang telah memiliki banyak subscriber dan memiliki konten video yang berkualitas. Biasanya video endorsment yang dibuat untuk promosi adalah sebuah review produk yang memuat informasi lengkap mengenai produk tersebut. 

3. PPC (Pay per Click)

PPC pada youtube adalah sebuah video iklan yang terletak pada sebelah kanan halaman video Anda dan juga merupakan salah satu fitur dari Google Adsense. Jika autoplay untuk fitur ini aktif maka video ini akan muncul dan untuk setiap orang yang tertarik melakukan klik pada video ini, Anda akan mendapatkan bayaran sebesar 1$ (Dollar). 

Manfaatkan YouTube, Lakukan yang Terbaik

Ada banyak cara menambah penghasilan, salah satunya dengan menjadi vlogger dan memposting video-video di YouTube. Tipsnya adalah selalu suguhkan tayangan video yang konten tidak hanya menghibur tapi juga berkualitas. Lakukan yang terbaik dan jaga selalu kualitas dan komitmen Anda dalam membuat video di akun channel You Tube Anda. Tetap sabar, karena proses mendapatkan penghasilan tidak akan secepat kilat. Pelan tapi pasti, Anda bisa mendulang sukses dan mendapatkan penghasilan dari hasil usaha Anda.