Laman

  • Home

Jumat, 29 Desember 2017

Bagaimana Mengembangkan Bisnis UMKM?


Image result for your business
Kami membantu memgembangkan bisnis anda, Rumah UMKM.
Seorang pengusaha sukses sering bertanya bagaimana mereka dapat terus mengembangkan bisnis mereka. Sebuah pertanyaan yang harus mereka jawab dalam keseharian bisnisnya, dan seorang pengusaha sukses adalah seorang pengusaha yang selalu menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut di atas.
Pendekatan yang paling mendasar adalah memulai dengan melihat tujuan, keuangan dan sumber daya bisnis Anda.

Tujuan Bisnis

Pada tahap awal bisnis, banyak pemilik melakukan hampir semuanya sendiri. Seiring berkembangnya bisnis, hal ini menjadi tidak mungkin. Seringkali kesuksesan sebuah bisnis bergantung pada kemampuan pemiliknya untuk menempatkan orang yang tepat dalam pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat. Jadi, langkah pertama ketika memikirkan pertumbuhan harus menilai secara kritis kemampuan Anda sendiri dan memutuskan apa yang Anda inginkan untuk peran masa depan Anda dalam bisnis ini. Terkadang pemilik memutuskan untuk mengambil spesialisasi dalam fungsi tertentu daripada terus mengelola bisnis itu sendiri. Beberapa bahkan memutuskan untuk menjual bisnis dan beralih ke usaha baru lainnya.
Secara mendasar, untuk berkembang Anda harus bisa keluar dari lingkaran rutinitas pengelolaan usaha dan mampu menempatkan SDM yang mampu mengelola usaha Anda. Dengan keluar dari rutinitas tersebut Anda memiliki kesempatan untuk berpikir dan berkembang.
Bisa berpikir untuk membuat sebuah sistem pengelolaan dan monitoring usaha tanpa harus terus terlibat di dalamnya adalah sebuah tahapan yang harus dilalui oleh para pelaku UMKM yang ingin terus berkembang. 
Mungkin benar apa yang dikatakan oleh Mas Denny Darko, bahwa kesulitan bagi para pelaku usaha di Indonesia adalah "kesulitan bermimpi besar"atau bisa dikatakan bahwa visi mereka tidak jauh ke depan. Dengan visi yang tidak besar maka perencanaan pengembangan usaha mereka terlihat seperti spot-spot yang tidak terhubung rapi bukan sebagai garis tulang ikan yang menghubungkan semua bisnis menjadi satu jalur.

Keuangan

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah keuangan. Anda tidak bisa menumbuhkan bisnis tanpa memiliki sumber keuangan sehingga Anda harus realistis mengenai uang tunai dan daya pinjam Anda. Penting untuk menguasai dasar-dasarnya dengan mengendalikan biaya Anda, menagih klien tepat waktu, mengumpulkan uang dan membayar pajak Anda. Sebut saja Anda memiliki kemampuan dasar dalam mengatur cash flow perusahaan. Jika Anda belum melakukannya, mungkin sudah saatnya menunjuk kepala keuangan yang bisa menafsirkan angka, memperkirakan tren, memaksimalkan efisiensi dan mengoptimalkan bisnis Anda untuk pertumbuhan di masa depan.
Keuangan selalu penting dalam bisnis tapi tidak pernah lebih dari saat UMKM berkembang. Jika bisnis Anda berkembang terlalu cepat tanpa proses yang tepat, Anda berisiko mengalami overtrading yang dapat menyebabkan masalah likuiditas dan kegagalan bisnis.

Sumber Daya Bisnis


Anda juga perlu menilai sumber daya bisnis Anda yang ada termasuk kemampuan Anda dalam menarik dan mempertahankan kemampuan dan kecukupan sistem bisnis Anda. Anda mungkin perlu berinvestasi pada SDM dan/atau sistem untuk mengantisipasi tuntutan masa depan.
Setiap perkembangan usaha yang terjadi akan menuntut peningkatan kemampuan dan kecukupan sumber daya bisnis yang terkait, seperti sistem manajemen, applikasi program dan SDM. Anda harus mampu memetakan kemampuan dan kebutuhan peningkatan kemampuan di masa mendatang. Persiapan sumber daya bisnis yang memadai akan menjamin perkembangan yang solid dan menjadi pijakan yang kuat dalam pengembangan berikutnya.

Strategi Pertumbuhan

Setelah meninjau tujuan dan sumber daya Anda, maka strategi pertumbuhan Anda mungkin bisa berupa:
  • Untuk mengembangkan produk atau layanan baru.
  • Untuk memperluas ke pasar baru.
  • Untuk mendapatkan entitas yang melengkapi bisnis yang ada.
  • Untuk bergabung dengan bisnis lain, atau membuat group bisnis.
Apapun strategi yang Anda pilih untuk mengembangkan bisnis Anda, memiliki pegangan yang baik terhadap tujuan, keuangan dan sumber daya Anda akan membantu memastikan hasil yang sukses.

Untuk informasi lebih lanjut atau untuk mendiskusikan keadaan spesifik Anda, silakan hubungi kami untuk konsultasi. Salam sukses!