Laman

  • Home

Senin, 20 November 2017

Produk Genteng Kebumen dan Tantangannya ke Depan

Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Genteng di Sruweng, Kebumen
Seolah ketika pernah di puncak, maka tidak akan pernah turun. Mungkin hal ini yang dialami oleh para pengrajin genteng di Sruweng (Soka), Kebumen. Hadirnya persaingan atap baja ringan dan genteng ringan membuat bisns sebagian besar masyarakat Sruweng menjadi berubah keadaannya. Permintaan dari waktu ke waktu dengan pasti terus menurun karena pasar lebih memilih jenis genteng baru yang lebih ringan, praktis dan murah.

Permasalahan inilah yang sedang disikapi oleh UPP IPTEKIN BAPPEDA Jawa Tengah, selain dengan membekali pemahaman pengrajin mengenai apa yang mereka hadapi sekarang dan bagaimana mengatasinya juga dalam kesempatan ini diberikan pelatihan singkat bagaimana melapisi genteng dengan glazur serta bagaimana membuat keramik sederhana dari Team Nuanza Porcelen.

Pada kesempatan ini, kami memberikan pembekalan mengenai bagaimana kondisi perubahan pasar yang terjadi saat ini, perkembangan teknologi dan strategi marketing praktis untuk menghadapinya.

Memahami permasalahan marketing bisa dilihat dari 3 komponen yang ada; yaitu PRODUK, CUSTOMER dan BRANDING. Bagaimana kondisi dan kemampuan pengembangan dari produk genteng yang saat ini ada? Merupakan porsi terbesar dalam pembahasan kami hari ini, karena produk genteng yang lama sudah dinilai oleh customer tidak sesuai dengan perkembangan teknologi konsutruksi saat yang yang cenderung lebih praktis, ringan dan murah. Produk genteng Kebumen dari segi desain, ketebalan dan pembuatannya harus mendapatkan sentuhan teknologi agar bisa menjadi pertimbangan customer kembali. Pengurangan berat dan inovasi desain, ketebalan dan bahan baku perlu dipikirkan oleh para pengrajin.

Dari sisi CUSTOMER, pada kesempatan ini kami mengajak para pengrajin untuk lebih mengenali pasar yang akan dibidik dan bagaimana mereka melakukan segmentasi, targeting dan positioning. Tentunya bahasa yang istilah yang kami pakai harus sesuai dengan level audience, karena pada bagian ini mereka harus paham benar. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan strategi pemsaran yang sesuai dengan produk dan pasarnya.

Masalah branding kami tekankan pada bagaimana mereka membangun komunikasi dengan pasar melalui komunikasi dua arah yang efisien dan efektif untuk memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh customer. Komunikasi saat ini banyak terbantu dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih dan on-hand.

Sementara ini dalam strategi B-nya, team UPP IPTEKIN BAPPEDA Jateng juga menghadirkan team dari Nuanza Porcelen Boyolali untuk memberikan pelatihan singkat dalam pelapisan genteng dengan glazur dan bagaimana membuat produk keramik.

Pelatihan melapis genteng dengan glazur
Pemberian hibah alat pun dilakukan oleh UPP IPTEKIN kepada kelompok pengrajin untuk keperluan pelapisan glazur. Diharapkan dari pelatihan ini nanti ke depan sudah akan muncul "inovasi" baru genteng Kebumen yang bisa bersaing dengan kompetitornya, yaitu atap genteng baja ringan. Sebagian kecilnya diharapkan muncul juga pengrajin keramik yang mampu membawa nilai komersial yang lebih tinggi.