Laman

  • Home

Rabu, 01 November 2017

Pertanyaan Yang Sulit Dijawab: "Apakah Anda Tahu Potensi Anda ?"

Meet Up @ Strada Cafe Semarang
Solusi adalah value proposition dari program Rumah UMKM sehingga kami selalu mencari setiap solusi yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM maupun Start Up (Red: Sudah Start Namun Tidap Up-Up). Jika solusi ini tidak bisa kami jawab sendiri maka mitra kamilah yang akan menjadi jawabannya, sebagaimana sore ini ketika kami harus menjawab pertanyaan bagaimana cara mengukur potensi dan minat dari para pemula usaha. Tanpa pernah mengetahui potensi dan minat para pelaku usaha, maka kita tidak akan pernah sukses untuk menggarap peluang yang ada.

Masih ingat: "We can not manage anything if we can not measure it."

Jika hal ini kita terapkan dalam kewirausahaan maka akan berarti kita tidak bisa me-manage "sukses usaha" jika kita tidak mampu mengukur potensi, minat dan kemampuan dalam menggarap peluang. Bisa jadi peluang yang ada bukanlah "tambang emas" kita, karena potensi yang kita miliki tidak sesuai dengan peluang tersebut.

Sebagaimana waktu saya memberikan materi kewirausaan di USM (Universitas Semarang) Senin lalu, dimana dari ke-3 kelas dengan masing-masing 50 orang tidak ada satupun yang bisa menjawab ketika saya bertanya:"Adakah di antara adik-adik yang tahu apa potensinya masing-masing?" - Tidak ada yang menjawab. Memang inilah yang terjadi dengan sistem pendidikan kita, kita terlalu sering diajak "melihat" keluar (peluang) tanpa pernah sekalipun diajak melihat apa yang ada dalam diri kita (potensi).

Pola pikir wira usaha adalah kreatif dan inovatif, sehingga apa yang kami tuju dalam pembekalan materi ini adalah bagaimana para audience paham apa itu kreatif dan bagaimana berlatih menjadi kreatif. Untuk menjadi kreatif, ternyata yang paling medasari adalah memahami potensi dan minat mereka. Ada 2 metode yang kami tawarkan, cara pertama adalah cara yang sering kami lakukan selama ini, yaitu: grafologi dan feng shui, sedangkan cara lainnya adalah psycho test melalui mitra kerja kami, yaitu: CV Equity Indonesia.

Cara kedua inilah yang akan kami tawarkan kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk mengukur potensi para mahasiswanya sebelum mereka dihadapkan dengan peluang-peluang yang ada dalam mata kuliah kewirausahaannya. Cara ini juga sangat mudah, karena sistem kami sudah online dan para peserta hanya mengisi beberapa pertanyaan berdasarkan suka dan tidak suka saja. Output dari psycho test ini akan sangat mengejutkan karena mereka bisa mengetahui berbagai potensi yang dimiliki, minat dan juga kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki yang mungkin selama ini tidak mereka sadari.

Test ini bisa customized dan kami memiliki team RND yang siap untuk mengembangkannya sesuai dengan permintaan klien dalam waktu yang tidak lama, karena data base dari riset-riset sebelumnya telah kami miliki. Sekolah kejuruan pun akan sangat terbantu dengan psycho test ini, dan kami bisa mendesain test yang sesuai dengan kubutuhan.

Tujuan dari mengenali dan memahami minat dan potensi ini adalah agar kita bisa secara tepat memberikan langkah-langkah eksplorasi potensi dengan usaha-usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan dari para calon pelaku usaha. Menemukan ide bisnis yan sesuai dengan potensi dan minat sudah bukan hal yang mustahil lagi, sehingga ketika ide bisnis ini disesuaikan dengan peluang yang ada maka tingkat kesuksesannya semakin tinggi.

Kami siap bekerjasama dengan perguruan tinggi mana pun di Indonesia yang tertarik untuk mengoptimalkan pemberdayaan kewirausahaan di lingkungan kampusnya.