Laman

  • Home

Sabtu, 04 November 2017

Pasar Telah Berubah, Strategi Marketing Harus Diubah.

Digital Marketing, strategi yang berfokus pada pencapaian dan visibilitas bisnis anda.
Paling aman mengatakan jika saat ini kita sedang memasuki masa "transisi digital" karena pola lama masih berjalan namun pola baru pun sudah pasti berlaku. Hal ini pun berlaku pada bidang marketing, banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM terkait hal ini.

Lantas apakah ilmu marketing konvensional tidak akan berlaku lagi? Masih berlaku, namun semua telah mengalami "ekstraksi", yaitu: diambil esensinya saja dari bagaimana kita mengetahui esensi dan tujuan pemasaran kita, memahami esensi permasalahan dan mengetalui pola dan prosedur marketing secara esensi. Selebihnya akan mengikuti pola-pola modern yang berlaku saat ini.

Ini juga akan menjadi tantangan bagi saya ketika memberikan materi pemasaran kepada para pelaku UMKM, karena pasti semua materi akan disesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini. Semua aspek strategi mulai dari strategi product, price, place & promotion akan mengalami penyesuaian terutama pada aspek place dan promotion yang akan mengalami perubahan besar.

Promotion channel akan didominasi dengan pemanfaatan sosial media disamping mobile web yang akan menjadi kebutuhan dasar dalam promosi. Bukan website, tetapi mobile web karena market telah mobile dan semua dikendalikan on-hand.

Dengan cara konvensional, perusahaan besar akan sulit tertandingi oleh UMKM namun dengan revolusi logistik saat ini sangat sulit dibedakan jaringan distribusi perusahaan besar maupun perusahaan UMKM. Bahkan para pelaku UMKM juga diuntungkan dengan sistem pembayaran yang mobile. Tidak akan ada beda antara yang besar dan yang kecil, yang berperan adalah bagaimana anda membuat produk anda tidak ada bedanya dengan produk perusahaan besar. Masalah kuliatas dan legalitas saja !

Lantas apa akan saya edukasikan kepada para pelaku UMKM di masa mendatang ? Yang pasti adalah informasi mengenai perubahan pasar, esensi marketing, business is about connecting the dots dan digital marketing (SMM dan SEO). Materi inilah yang harus dipahamkan kepada para pelaku UMKM saat ini. Dunia telah berubah, pasar telah bergeser.

Pada akhirnya UMKM sudah akan dituntut untuk selalu update gadget-nya agar bisa mengikuti perkembangan jaman, karena "dot" yang dimaksudkan terkoneksi melalui gadget tersebut. Hal ini berlaku pada UMKM yang memang terkoneksi dengan pasar secara langsung. Bagi yang UMKM pelaku produksi, gadget akan banyak membantu mereka untuk melakukan akses informasi teknologi produksi dan kemasan yang terbaru.

Wow ! Benarkan UMKM kita sudah siap ? Siap tidak siap adalah tanggung jawab pribadi dari para pelaku usaha, tugas kita sebagai penggiat UMKM adalah menyadarkan, membekali dan memahamkan serta mendampingi mereka.