Laman

  • Home

Selasa, 28 November 2017

Marketing Tool Yang Perlu Disiapkan UMKM

Marketing tool untuk UMKM
Dalam setiap pelatihan marketing yang sekarang ini kami lakukan kepada para pelaku UMKM, kami telah mengingatkan betapa pentingnya mereka untuk mulai mengakrabi cara-cara digital dalam mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Digital marketing saat ini disamping memang sudah menjadi jamannya, juga bisa mengurangi beban biasa marketing konvensional yang cukup signifikan. 

Tetapi sebelum hal ini dilakukan, kembali saya ingatkan bahwa kualitas dan kemasan produk serta legalitas standard yang dibutuhkan oleh produk itu sendiri harus sudah dipenuhi. Tampilan produk UMK harus setara dengan produk industri, dan hal ini bisa dikejar dengan desain grafis yang menarik untuk kemasannya. Untuk kualitas produk, maka UMKM harus mulai berpikir bagaimana mereka bisa memanfaatkan teknologi tepat guna dan aman, terutama untuk produk pangan.

Setelah persyaratan produk tersebut di atas sudah dipenuhi maka kami ingin memberikan informasi berbagai marketing tool yang harus dimiliki oleh UMKM modern saat ini, yaitu:
  1. Web (mobile web) Technology; Jika untuk saat ini kemampuan para pelaku UMKM baru pada sampai promosi maka web atau mobile web dengan applikasi sederhana sudah mencukupi. Website atau mobile web ini hanya akan memuat informasi-informasi pendukung mengenai perusahaan dan produk dan selanjutnya transaksi pembayaran dan distribusi masih ditangani secara manual. Namun untuk web atau mobile yang yang sudah berteknologi maka semua fitur sudah akan termasuk di dalamnya karena sudah ada applikasinya termasuk transaksi pembayaran, distribusi, report dan sebagainya. UMKM yang ingin naik kelas harus sudah mulai memikirkan hal ini, apalagi harga applikasi pun sekarang sudah tidak semahal dulu karena sudah ada application builder.
  2. Social Media Marketing; Social media menjadi alat yang sangat penting dalam menjangkau orang. Dalam dunia digital, inilah jejaring yang sebenarnya dimaksudkan. Setiap social media memiliki karakater, kelemahan dan kelebihan masing-masing, namun dengan menjadi pengguna dan mendalaminya para pelaku UMKM akan menjadi tahu masing-masing manfaatnya. Kombinasi beberapa social media banyak dilakukan oleh para digital marketing untuk mencari hasil yang terbaik. Instagram, Whatapps, FaceBook, LinkedIn dan sebagainya masih menjadi pilihan utama. Social media marketing ditujukan untuk mengoptimalkan manfaat  social media dalam pemasaran, dan hal ini menjadi sangat populer saat ini.
  3. Search Engine Optimization (SEO), Bagaimana menjadi terlihat (visible) dalam setiap pencarian melalui mesin pencari seperti Google menjadi sangat penting. Itulah sebabnya ilmu SEO menjadi penting bagi seorang digital marketing. Pemantauan kinerja mereka bisa dilihat dari bagaimana visibilitas usaha atau produk mereka dalam mesin pencari untuk keyword-keyword tertentu.
  4. Content Development; Dari ketiga hal tersebut di atas sebenarnya yang paling utama adalah bagaimana kemampuan kita mengembangkan konten kita sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh target pasar kita. Bahasa audio visual dan visual menjadi sangat dominan untuk menyampaikan pesan karena pasar saat ini sudah tidak mau capek membaca. Pelaku UMKM harus memikirkan bagaimana mereka memiliki kemampuan dalam melakukan content development untuk web dan social medianya. Disamping itu konten-konten yang interaktif (bukan pasif) sudah menjadi tuntutan saat ini karena "nilai" interaksi dari pembaca (viewer) di dunia online menjadi semakin mahal.
Jika ke-4 hal tersebut di atas bisa dikuasai oleh para pelaku UMKM saat ini baik sendiri maupun bermitra dengan pihak lain, kami yakin bahwa pemasaran produknya bisa jauh lebih baik dari saat ini. Sudah cukup banyak testimoni dari para pelaku UMKM yang sudah melakukannya dan berhasil dan sekarang sduah sampai pada giliran anda.