Laman

  • Home

Senin, 13 November 2017

Judulnya: Apa Kata Pasar ?

Business Matching, Inventor Kreanova 2016 dengan Investor & Buyer
Mereka adalah Entrepreneur

Inkubator bisnis berbasis teknologi milik UPP IPTEKIN BAPPEDA Propinsi Jawa Tengah pada hari Senin 13 November 2017 menggelar business matching di Hotel Grand Edge Semarang. Pada kegiatan ini, investor Krenova 2016 dipertemukan dengan beberapa perusahaan yang bisa menjadi mitra mereka, baik sebagai mitra pembiayaan, mitra pemasaran maupun mitra investor.

Ke-10 Inventor Krenova itu adalah:
  1. Yudik Prianto, dengan inovasi alat berupa media semai instan (Pertanian).
  2. Sumiyanto, dengan inovasi berupa magic ring (ID S000 1070) yang merupakan alat untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas beracun pada kendaraan bermotor. (Otomotif)
  3. Eko Yulianto, dengan inovasi pengolahan biji salak menjadi kopi alternatif bagi yang menghindari kafein sebagai upaya pemanfaatan biji salak di daerah perkebunan salak.
  4. Yurri Dulloh, dengan inovasi kopi bambu, alat driping kopi berbahan baku bambu khas Kebumen. (Food & Beverage)
  5. Bayu Suwarsono, dengan inovasi berupa pemanfaatan limbah plastik dan aluminium foil untuk bahan baku triplek (Building Material).
  6. Heri Siswanto, dengan inovasi alat dan mesin tanam biji type tugal multiguna untuk meningkatkan efektivitas kerja penanaman kacang hijau, kedelai dan jagung.
  7. Banar Haryo Driyarkoro, dengan inovasi berupa sirup daker (daun kersen) untuk menurunkan gula darah.
  8. Ratna Kurniawai, dengan inovasi Guava Leaf Antiseptic (anti septic daun jambu).
  9. Rifaul Zamzami, dengan inovasi alat tambal ban portable (tyre press) dengan panas knalpot.
  10. M Anis, dengan inovasi berupa mesin panen garam rakyat PAGRAK.
Temuan dan inovasi mereka telah didaftarkan HKI oleh UPP IPTEKIN untuk melindungi hak cipta dan merk mereka dan kegiatan inkubasi bisnis ini dimaksudkan untuk menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam diri mereka.
 
Business Matching

Pada kegiatan business matching ini, para inventor diminta untuk bisa mempresentasikan inovasinya kepada para audience dari berbagai perusahaan dan dinas terkait. Beberapa perusahaan yang diundang adalah: PT Garam Surabaya, PT Gambaran Brand Indonesia, PT Sido Muncul, PT Jamu Borobudur, PT Jamu Jago, PT Yanmar, PT Kubota, PT Rutan, PT Air Mancur, PT Astra Otopart Indonesia, PT Indo Perkasa Usahatama, PT Indoho Santosa Abadi, PT Phapros, PT Fastrata Utama, CV Buana Agrotech, Panenrejo dan OJK. Namun pada kesempatan ini tidak semua undangan bisa hadir karena kesibukannya di hari Senin ini. 

Dari pihak dinas terkait yang hadir adalah dari DInas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian dan Perkebungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM dari propinsi Jawa Tengah. Hadir dalam memberikan penjelasan kegiatan business matching ini adalah Bapak Agus Gunawan WIbisono dari Sekda Propinsi Jawa Tengah.

Ke-10 Inventor Krenova 2016

Para audiece dari beberapa perusahaan dan dinas terkait

Para audience dari beberapa perusahaan dan dinas terkait
Kesempatan ini kami manfaatkan untuk memperdengarkan apa kata pasar kepada para inventor Krenova 2016 agar mereka bisa menyesuaikan dan memperbaiki produknya sesuai dengan keinginan pasar. Meskipun begitu, beberapa peusahaan dan dinas terkait siap menjalin kemitraan dengan para inventor Krenova ini antara lain: PT Phapros yang siap menampung mereka menjadi mitra binaan sekaligus sebagai mitra pembiayaan bisnis mereka, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Kelautan dan PT Rutan.

Untuk menyakinkan para mitra, UPP IPTEKIN juga membantu para inventor membuat video presentasi singkat agar para audience mampu mencerna dengan lebih baik apa produk mereka dan apa manfaatnya untuk kepentingan mereka. Rumah UMK sendiri siap menjadi mitra promosi bagi inovasi dan kreativitas mereka.