Laman

  • Home

Selasa, 07 November 2017

Bisnis Sukses Diawali Dengan Perencanaan Bisnis Yang Baik


Manapaki bisnis step-by-step menuju sukses
Banyak yang mengatakan bahwa yang paling sulit dalam bisnis adalah "memulainya", namun sesungguhnya yang lebih sulit adalah mempertahankannya. Memulai adalah kesulitan awal, dan mempertahan adalah kesulitan-kesulitan yang selanjutnya akan kita hadapi sambil terus belajar.

Jika saya mengatakan bahwa "bisnis yang sukses diawali dengan perecanaan yang baik" mungkin terdengar seperti teori, namun sebenarnya hal ini saya ambil dari contoh-contoh praktis dari para pelaku usaha yang telah mencapai level "usahanya jalan" ditambah dengan referensi dari para pengusaha yang telah sukses yang berhasil saya temui. Ternyata perencaanaan yang baik menuntun mereka untuk terus menapaki tangga demi tangga dengan lebih pasti.

Itulah sebabnya dalam konsultasi yang saya gelar untuk para UMKM, langkah pertama adalah saya ingin mendengar apa konsep bisnis mereka, selanjutnya apa yang unik dari produk mereka, alasan apa konsumen mau membeli produk mereka, sejauh mana pencapaian mereka atas bisnis yang dijalankan dan kendala apa yang mereka hadapi saat ini.

Bukan tanpa sebab saya melontarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, selain untuk mengukur bagaimana mereka membangun konsep dan rencana bisnisnya juga untuk mengetahui posisi bisnis mereka saat ini. Dengan jawaban yang diberikan akan membantu saya untuk memberikan pemahaman yang sesuai dengan kondisi bisnis mereka dan juga alternatif-alternatif solusi yang dibutuhkan.

Pasti dibutuhkan beberapa kali konsultasi untuk mencapai suatu harapan solusi, dan itulah wujud dari pendampingan kami. Kadang dibutuhkan kunjungan ke lokasi usaha untuk melihat dengan jelas permasasalahan yang dihadapi, kerana bisa jadi para pelaku UMKM kurang kemampuan dalam berkomunikasi. 

Kunci sukses dari sebuah konsultasi adalah bagaimana mengidentifikasikan permasalahan dengan tepat, sehingga alternatif solusi yang diberikan bisa sesuai harapan dan kemampuan dari pelaku UMKM. Mengingat solusi ini harus bisa diapplikasikan di lapangan, maka pengalaman praktis dibutuhkan oleh seorang konsultan.

Kembali kepada perencanaan, sebuah konsep dan perencanaan bisnis merupakan sebuah "peta" yang menggambarkan bisnis kita secara global dan memberikan panduan ke arah mana yang akan kita tuju. Tanpa ada perencanaan, bisa jadi arah bisnis kita melenceng dari apa yang kita harapkan. Sebuah peta atau rute dengan beberapa etape yang harus dicapai merupakan gambaran perencanaan bisnis yang baik, atau sering disebut road map. Road map ini memberikan gambaran target-target pencapaian yang akan kita lalui secara bertahap dan detail strategi pencapaiannya.

Perencanaan bisnis ini yang akan menuntun kita dengan relatif "aman" dari satu etape ke etape berikutnya sehingga memberikan peluang sampai ke tujuan dengan lebih aman. Hal ini pula yang akan dilihat oleh para mitra pembiayaan dan investor ketka mau bekerjasama dengan para pelaku UMKM, merekan hanya mau melihat sesuatu yang "aman" meskipun hal itu masih di atas kertas. Namun, kita perencanaan bisnis yang disajikan bisa dijabarkan secara detail maka peluang untuk berhasil menjadi lebih besar dan mitra pembiayaan juga kan lebih yakin bahwa mereka telah bekerjasama dengan pihak yang benar.

Demikian apa yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat bagi para pelaku UMKM untuk selalu mempersiapkan konsep dan perencanaan bisnis dengan baik. Dan sungkan untuk mereview rencana bisnisnya, karena kondisi berubah secara dinamis dan banyak hal yang harus selalu disesuaikan dengan kondisi sebenarnya. Kemampuan seorang pengusaha akan teruji dalam kemampuan membuat perencanaan bisnis yang baik.