Laman

  • Home

Kamis, 02 November 2017

Applikasi Android Sudah Tidak Mahal Bagi UMKM

Didik Priatomo Sindunata
Saya mengenal Mas Didik sebagai expert dalam supply daging sapi frozen di Semarang, yaitu Dallas Meat. Memang beliau dikenal dalam bidang food processing, terutama processing daging. Namun siang ini kami hanya bicara sedikit mengenai supply daging sapi, kami banyak bicara bagaimana membantu UMKM masuk dalam transformasi digital saat ini.

Gap teknologi yang terjadi saat ini harus bisa disikapi dengan kreativitas tinggi. Ketika kita masih bicara website mungkin sebenarnya kita bicara materi yang relevan untuk sepuluh tahun yang lalu, saat ini kita harus bicara mobile web yang berbasis android. Sebagaimana tulisan saya sebelumnya, bahwa jaman marketing konvensional sudah mati (marketing is dead) dan era baru telah muncul yaitu era connecting the dots

Mobile network sudah menjadi tuntutan bisnis saat ini, semua harus sudah on-hand. Dulu para pelaku usaha masih mengira "sangat susah" untuk mendapatkan applikasi android ini, dan tentunya butuh waktu yang lama dan biaya yang mahal. Namun ternyata siang ini saya mendapatkan banyak informasi dari Mas Didik bahwa beliau sudah memiliki solusinya, yaitu mitra yang memiliki kompetensi dalam ap[likasi digital ini, tidak saja hanya membuat applikasinya namun membuat "applikasi pembuat applikasi" atau yang biasa disebut application builder. Dengan application builder ini para pelaku usaha bisa melakukan customasi applikasinya sendiri dalam waktu singkat, sekaligus upload di google play dan apple store.

Menariknya lagi, applikasi ini tidak mahal. Untuk applikasi yang sekedar untuk promosi and informasi seperti mobile web, yang sesuai dengan kebutuhan UMKM pada umumnya, nilai applikasinya sekitar Rp 3.5 juta. Untuk desain dan konten, jika tidak memiliki team untuk menggarapnya beberapa jasa freelance siap membantu. Jika dirasakan kurang, maka bisa memilih applikasi yang sudah link ke payment gateway dan delivery gateway sehingga cocok bagi perusahaan yang ingin melakukakn penjualan online. Untuk yang ini, kira-kira harganya adalah Rp 12 juta. Untuk applikasi eCommerce yang selama ini biayanya cukup mahal, maka yang ditawarkan cukup murah yaitu sekitar Rp 36 juta.

Bisa dikatakan siang ini saya mendapatkan banyak ide untuk melakukan akselerasi pemasaran produk UMKM, apa lagi mitra yang diperkenalkan ke saya ini sudah merangkul 18 negara untuk pemasarannya, sehingga applikasi ini langsung terkoneksi ke 18 negara tersebut.

Anda sudah siap bertranformasi digital? Kami siap membantu anda untuk memiliki applikasi digital ini. Bisnis anda sudah saatnya on-hand di customer anda.