Laman

  • Home

Selasa, 14 November 2017

Antara Saya dan UMKM

Bersama UMKM Solo Raya saat pelatihan pemasaran online.
Judulnya memang agak lebay, karena hari ini saya ingin menyatakan rasa bangga saya kepada teman-teman UMKM yang tetap semangat untuk mengembangkan usahanya. Sikap mandiri dan siap bersaing yang selalu saya ingatkan kepada mereka benar-benar mulai tampak, di samping sikap saling dukung satu sama lain yang membuat perjalanan selama 5 tahun terakhir dalam membina UMKM di Jawa Tengah terasa menyenangkan.

Jika awalnya kamilah yang memotivasi mereka untuk berkembang dan siap menghadapi berbagai kondisi bisnis, namun sekarang mereka sudah saling memotivasi dan berkerjasama dengan baik di lapangan. Hal ini terlihat ketika dalam group WA dan group facebook, teman-teman UMKM saling menginformasikan adanya pelatihan, pameran dan informasi penting lainnya. Inilah adalah inti dari jejaring bisnis yang tanpa terasa telah mereka pahami dan lakukan.

Hal lain yang membanggakan saya adalah ketika ada beberapa UMKM berkelompok dan iuran untuk bisa menyewa sebuah stand pameran, mereka tidak lagi minta fasilitas pemerintah melainkan mereka sudah menyadari bahwa pameran ini adalah untuk kepentingan bisnis mereka. Sungguh suatu lompatan besar dalam pembinaan UMKM di Jawa Tengah, dimana teman-teman penggiat UMKM telah berbaur dengan para pelaku UMKM dalam mengangkat perekonomian daerah.

Jika dulu saya dianggap "guru" oleh mereka karena memberikan pembekalan usaha terutama pemasaran, namu saat ini saya harus berguru kepada mereka bagaimana membuat diri sendiri selalu termotivasi, selalu belajar dan selalu menjadi lebih baik dari hari-hari kemarin. Ilmu kewirausahaan memang berbasis pada pola pikir dan sikap mental, dan mereka telah membuktikan bahwa mereka sudah layak disebut seorang pengusaha. Tidak ada lagi guru dan murid, yang ada adalah mitra kerja. 

Semoga jejaring dan persudaraan di antara para pelaku UMKM dan kami selalu tumbuh dan berkembang agar beban pembinaan UMKM di Jawa Tengah di kemudian hari semakin ringan.