Laman

  • Home

Jumat, 13 Oktober 2017

Pemasaran Penting, Karena Datang di Awal dan di Akhir Bisnis Anda.

Apa yang customer anda pikirkan ?
Selalu menarik jika bicara mengenai marketing, mulai dari definisi sampai dengan strategi marketingnya. Meskipun sudah terbekali dengan teori marketing yang berlimpah, kadang sulit untuk membuat strategi marketing yang efisien dan efektif dan itulah kenyataannya.

Bahkan di kalangan pelaku UMKM, merka masih sulit membedakan apa itu marketing apa tiu sales. Pemahaman bahwa pemasaran adalah cara-cara bagaimana "membuang" produk secepat-cepatnya dan ketika ditanya apa bedanya dengan penjualan, sementara dari mereka masih menjawab bahwa penjualan dan pemasaran adalah sama.

Lebih parah lagi, masih ada sementara pihak menyakini bahwa dalam pemasaran adalah sen kelicikan yang menjauhkan customer dari kenyataan sebenarnya.

Marketing adalah seni bagaimana menyampaikan kondisi yang sebenarkan dari bisnis anda, marketing adalah seni bagaimana anda mengenali dan mengidentifikasi pasar, berkomunikasi untuk memahami kebutuhannya, mampu memuaskan kebutuhan pelanggan dengan produk yang dihasilkannya serta mampu menghasilkan keuntungan. Pemasaran atau marketing berbeda dengan penjualan, jika marketing berfokus pada pasar sedangkan penjualan berfokus pada produk, penjualan merupakan salah satu bagian dari pemasaran.

Mengapa Marketing Begitu Penting ?

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa marketing itu penting setelah produk sudah dihasilkan, namun dalam pembuatan konsep dan bisnis plan marketing harus sudah hadir sejak awal. Pertimbangan pemasaran hadir saat penentuan keputusan produk, dan hal ini yang sering diabaikan oleh para pelaku UMKM pada umumnya.

Membuat produk tanpa mempertimbangkan aspek pemasaran sejak awal sering memunculkan banyak permasalahan penjualan pada akhirnya. Hal ini sering dikeluhkan oleh para pelaku UMKM karena memang sejak awal tidak pernah mempertimbangkan aspek pemasaran di awal konsep. Bahkan beberapa produk yang unik sekalipun justru hadir dengan dasar pemikiran pemasaran yang kuat.

Bagaimana mengenali pasar dan mengidentifikannya melalui segmentasi pasar, targeting dan positioning menjadi sangat penting sebagai dasar pembuatan strategi marketing. Dalam strategi produk sekalipun, differensiasi bisa dilakukan ketika kita tahu siapa pasar kita dan siapa pesaing kita sehingga kita bisa menentukan differensiasi apa yang akan kita lakukan terhadap produk kita. Hal serupa terjadi juga pada strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi yang akan kita lakukan setelahnya.

Datang di awal dan di akhir, memang benar adanya. Karena tujuan dari pemasaran adalah memuaskan pelanggan. Jika kita tidak tahu ekspektasi pelanggan, bagaimana ktia bisa memuaskan (memenuhi) kebutuhannya? Komunikasi yang efektif dan berfokus pada customer merupakan kunci bagaimana produsen bisa mempertemukan apa yang menjadi ekspektasi customer dengan produk yang dihasilkannya. Apakah produk tersebut merupakan solusi atas masalah (kebutuhan) customer? Apakah produk tersebut memberikan manfaat bagi customer?

Hal-hal yang mendasar ini jika bisa dipahami dan diapplikasikan dalam kegiatan bisnis para pelaku UMKM, maka revolusi besar akan terjadi dalam bisnis mereka. Bisnis mereka ada karena customer, dan mungkin ini yang memberikan pemahaman bahwa customer adalah raja.