Laman

  • Home

Rabu, 11 Oktober 2017

Outlook Perekonomian 2018, Sebenarnya Kami Ingin Dengar Seperti Apa Pasar Yang Kita Hadapi.

Entrepreneur Networking Forum : Outlook Perekomian 2018

Mengoptimalkan Potensi Daerah dalam Era Digital

Sebuah peluang besar ketika kami mendapatkan undangan mengikuti forum jejaring pengusaha dari Bisnis Indonesia yang bekerjasama dengan BTPN di Hotel Aston Semarang yang akan membahas outlook perekonomian 2018 dan bagaimana mengoptimalkan potensi daerah dalam era digital. Selain untuk networking itu sendiri, materi outlook perekonomian 2018 sangat kami butuhkan untuk menyusun strategi pembinaan UMKM kami di tahun 2018. 

Ada harapan besar dalam materi ini kami diberikan pencerahan bagaimana atau seperti apa pasar yang akan kita hadapi di tahun mendatang, apakah masih sama dengan sekarang atau sudah banyak berbeda ? Apakah strategi yang telah kami terapkan sekarang masih relevan untuk tahun mendatang ?

Seringkali kami kesulitan mencerna data-data statistik yang dikemukan oleh berbagai nara sumber, karena data tersebut belum diolah sesuai dengan kebutuhan kami di lapangan. Seperti misalnya, "pertumbuhan ekonomi yang menaik" sangat sulit dicerna oleh kami dan teman-teman UMKM pada umumnya.

Kami dari kalangan UMKM sering merasakan bahwa untuk audience seperti kami, sebagainya bahasa praktis dan detail yang sesuai dengan kondisi di lapanganlah yang dikemukakan dalam presentasi agar kami bisa mencerna dengan lebih baik.

Misalnya, bahwa kondisi pasar di tahun 2018 akan banyak mengalami perusahaan dalam perilaku akibat penerapan teknologi digital yang semakin maju. Hal ini menjadi mudah kami pahami terkait dengan strategi pemasaran yang akan kami terapkan di tahun mendatang.


Tantangan Trasformasi Digital dan Perubahan Perilaku Pasar


Saat ini kami benar-benar membutuhkan informasi yang akurat terkait dengan masa transformasi digital yang harus dihadapi oleh para pelaku UMKM kami dan perubahan perilaku pasar terkait dengan teknologi digital tersebut. Apakah UMKM kami masih bisa menggunakan cara lama ataukah harus benar-benar berubah dalam strategi pemasarannya?

Mungkin peluang-peluang ke depan yang disampaikan oleh nara sumber hari ini cukup banyak, namun apakah UMKM kami mampu memahaminya jika mereka terbatas dalam hal akses informasi dan teknologi digital. 

Secara tertulis, dalam saran kami, kami berharap penyelenggara di masa mendatang bisa memenuhi harapan kami untuk menghadirkan materi yang kami butuhkan tersebut sehingga mampu kami cerna dengan baik dan bisa kami applikasikan di lapangan dengan lebih baik. Terus terang, event semacam ini sangatlah bermanfaat bagi kami, para penggiat UMKM, agar wawasan dan informasi ekonomi di masa mendatang terupdate dan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bisnis Indonesia dan Bank BTPN yang telah mengundang kami untuk mengikuti acara ini.