Laman

  • Home

Senin, 09 Oktober 2017

Jenang Pun Bisa Mendunia, Coba Tengok Produk Mubarok Food Ini.

Produk Mubarok Food Kudus, Sudah Tembus Pasar Ekspor
Di Garut Jawa Barat kita kenal makanan khas bernama dodol, tapi di Kudus pun kita akan ketemu makanan serupa. Ada yang menamakan dodol ada yang menamakan jenang, silahkan saja yang jelas makanan ini memang enak dan sudah dikenal cukup lama.

Salah satu UMKM di Kudus yang sukses mengusung makanan khas ini menjadi komoditas ekspor adalah CV Mubarok Food, yang memulai usahanya dari kecil dan terus berkembang sampai sekarang. Bahkan produk mubarok food sudah menembus pasar ekspor, terutama di daerah Timur Tengah.

Inilah kekuatan lokal produk Indonesia yang perlu dicermati, betapa kita memiliki banyak produk lokal yang memiliki potensi yang sama dengan jenang atau dodol ini untuk bisa diekspor. Selama para pelaku UMKM mampu mencapai standar kualitas ekspor, kapasitas produksi yang memadai dan kontinuitas supply maka peluang ekspor masih terbuka lebar.

Indonesia itu kaya rasa ! Inilah yang membuat orang asing penasaran ini meniru beberapa produk makanan Indonesia, mulai dari Belanda, Malaysia maupun negara lain. 

Keuletan mengembangkan produk lokal menjadi komoditas ekspor kami pelajari dari Mubarok Food, mereka menapaki tangga bisnis setapak demi setapak sampai akhirnya kualitas produk mereka patut diakui oleh pasar. Inovasi demi inovasi produk pun tidak pernah berhenti dilakukan agar pasar tidak jenuh dengan produk-produk lama. Berbagai produk dikembangkan untuk menyasar segmen pasar tertentu, terutama kalangan muda.









Menyikapi pasar halal (halal market) yang sudah melanda negara-negara ASEAN, seperti Thailand, Malaysia dan Singapura kami dengan percaya diri mempromosikan produk ini kepada para importir di negara-negara tersebut untuk mempertimbangkan produk yang jelas bisa mengena lidah asia ini. Pasar India pun masih terbuka untuk produk bercita rasa manis ini, karena memang makanan di India cenderung manis.