Laman

  • Home

Senin, 16 Oktober 2017

Coffee Shop Seharusnya Bukan Cuma Tempat Nongkrong, Tapi Tempat Kerja.

Coffee Shop adalah life style, bekerja di coffee shop adalah masa depan.
Coffee shop berkembang seiring pesat dengan perkembangan IT yang luar biasa sekarang ini. Keberadaan internet sudah tidak mengharuskan orang bekerja di kantor, mereka bisa bekerja di coffee shop yang memang selalu meyediakan koneksi internet gratis untuk pengunjungnya.

Officeless, itulah yang mereka sebut sekarang ini. Kebutuhan akan ruang kantor menjadi semakin tipis ketika semua hal bisa dikerjakan melalui sebuah laptop dan gadget. Semua serba cepat dan efisien saat ini, ketika sudah tersentuh dengan teknologi informasi. 

Konsep co-working space juga mulai dipertimbangkan oleh beberapa pengelola gedung karena pasar sudah bergerak ke sana. Ketika dalam konsep co-working space pun membutuhkan fasilitas coffee shop atau cafe dan resto, maka sebaliknya, saat ini coffee shop pun dimanfaatkan sebagai "office" bagi para profesional karena semau apa yang ada di dalam coffee shop sudah memadai kebutuhan kerja mereka, mulai dari suasana maupun fasilitas akses internet gratis.

Officeless, mereka bisa bekerja di coffee shop.
Life Style modern bisa bekerja dimana saja.
Bisnis pun saat ini semakin sulit membedakan antara personal dan corporate, trend individualisasi juga perlu menjadi catatan bagi para pengusaha coffee shop untuk melakukan re-design dan re-layout coffee shopnya untuk memenuhi kebutuhan ini. Inilah tantangan perubahan pasar yang terjadi saat ini, yang perlu dicermati dan disikapi dengan bijak oleh para pelaku usaha.

Coffee shop bukan sekedar tempat untuk nongkrong, melainkan tempat untuk membangun jejaring bisnis dan juga tempat untuk bekerja itu sendiri. Apakah coffee shop anda sudah mengakomodasikan kebutuhan ini ?

Beberapa coffee shop di Semarang telah mampu mengakomodasikan kebutuhan pasar generasi milenial seperti di atas. Tetapi ingat bahwa kemampuan coffee shop menyediakan produk terbaik juga lebih penting dari beberapa kebutuhan tersebut karena business core-nya adalah coffee shop. Para profesional muda saat ini tinggal pilih mau kerja di cafe yang mana, semua hal yang mereka butuhkan sudah terpenuhi.