Laman

  • Home

Selasa, 24 Oktober 2017

Daftar Pertanyaan Kami Untuk Mengetahui Konsep Bisnis Pelaku UMKM

Visit perusahaan skala menengah
Memberikan solusi ? Ya, itu yang selalu kami coba lakukan kepada UMKM-UMKM kami. Tetapi memberikan solusi yang tepat kadang tidak mudah ketika kita belum tahu konsep bisnis mereka. Oleh sebab itu sebelum memberikan solusi maupun rekomendasi, maka kami perlu mendengarkan konsep bisnis mereka, sehingga kami bisa memahami latar belakang dan tujuan dari bisnis mereka.

Salah memberikan solusi justru bukan membantu UMKM, karena implementasi yang dilakukan bisa mengakibatkan kerugian bagi pelaku UMKM. Oleh sebab itu seorang konsultan UMKM harus berlaku hati-hati dan sistematis dalam memberikan konsultasi kepada pelaku UMKM.

Untuk membedah konsep bisnis pelaku UMKM binaan kami, ada beberapa pertanyaan yang sering kami ajukan sehingga kami bisa mendapatkan gambara permasalahan dan ekspektasi mereka dari kami. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

1) Apa yang melatarbelakangi pembuatan bisnis ini?
2) Apa peluang yang dilihat saat itu?
3) Apa ekspektasi atas bisnisnya untuk 5 atau 10 tahun mendatang?
4) Apa yang unik dari produk anda? Apa yang membuat pelanggan membelinya ?
5) Siapa pelanggan anda ?
6) Siapa pesaing anda saat ini?
7) Apa kelebihan produk anda dibandingkan pesaing ?
8) Apa kekurangan produk anda dari pesaing ?
9) Bagaimana gambaran bisnis anda saat ini ?
10) Pencapaian apa yang telah didapat ?
11) Apa kendala yang dihadapi ?
12) Apa ekspektasi anda atas keberadaan program kami ?
13) Jika ekspektasi anda kami penuhi, kontribusi apa yang bisa anda berikan kepada kami ?

Kunjungan ke GULANAS

Ke-13 pertanyaan tersebut jika dirangkai sudah bisa menjadi sebuah konsep bisnis dan dari rangkaian tersebut kami bisa dengan sangat jelas mengetahi alasan, tujuan, latar belakang, peluang dan sebagainya. Dari sinilah kami bekerja memberikan konsultasi dan solusi kepada para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Kunjungan kami perlukan untuk melihat potensi lain yang belum disampaikan, yang bisa dikembangkan dan bisa menjadi kontribusi solusi yang akan kami berikan. Seringkali banyak hal yang tidak sempat disampaikan oleh para pelaku UMKM kepada kami sehingga solusi yang diberikan tidak bisa setajam seharusnya.