Laman

  • Home

Kamis, 14 September 2017

Pelatihan Pemasaran Ekspor Untuk UMKM di Balatkop Propinsi Jawa Tengah

Pelatihan Pemasaran Ekspor
Sempat bertanya-tanya ketika pada awalnya disodori jadwal oleh rekan-rekan dari Unisbank yang menggarap pelatihan ekspor untuk UMKM di Balatkop Propinsi Jawa Tengah selama seminggu penuh ini. Pertanyaan saya tentunya berkisar pada siapa audience saya dan materi apa yang mereka butuhkan dari saya.

Informasi yang disampaikan kepada saya hanyalah bahwa saya akan mengisi kelas ekspor dengan audience sekitar 30 pelaku UMKM perwakilan dari kota dan kabupaten di bidang food dan non food, dan waktu yang diberikan kepada saya adalah dari jam 7.30 sd 16.30. Waktu yang sangat panjang ini diserahkan mutlak kepada saya untuk menentukan materi pelatihan kepada UMKM.

Akhirnya kepada rekan-rekan panitia dari Unisbank saya mengajukan 4 materi yang akan saya berikan kepada pera peserta, yaitu:
  1. Perencanaan Strategi Pemasaran; dimana saya memberikan pemahaman yang cukup sederhana mengenai pemasaran dan bagaimana membuat perencanaan strategi pemasaran bagi para pelaku UMKM yang dipersiapkan untuk bisa ekspor.
  2. Membangun Brand, disini saya memberikan pemahaman awal mengenai brand sebagai sebuah persepsi yang akan dibangun oleh para pelaku UMKM dan bagaimana membangunnya sejak awal.
  3. Packaging is A Silent Salesman, yang memberikan pemahaman lengkap tentang kemasan yang baik dan strategi kemasan yang mendukung pemasaran.
  4. UKM Go EKspor, dalam materi ini kami memberikan motivasi kepada peserta bahwa ekspor bisa dilakukan dengan cara yang cukup praktis dan sederhana.
 Dan materi-materi tersebut disetujui untuk saya berikan kepada peserta pelatihan.

Ternyata dugaan saya benar, bahwa para peserta belum mendapatkan materi-materi tersebut di atas. Hal ini saya pahami dari beberapa pengalaman memberikan pembekalan ekspor kepada para pelaku UMKM dari instansi pemerintah. Setidaknya materi di atas akan sangat berguna bagi mereka untuk mempersiapkan diri untuk ekspor, meskipun dengan skala dan cara UMKM.

Banyak dialog dan interaktif dalam penyampaian materi merupakan strategi saya untuk mendengar apa yang diharapkan dari para pelaku UMKM atas apa yang mereka angankan tentang ekspor atau pemasaran pada umumnya. Tanggapan dan feeb back dari mereka merupakan data yang sangat berharga bagi saya dalam membuat beberapa program dan kegiatan di masa mendatang.

Semoga apa yang kami berikan dalam pelatihan tersebut bisa ditindaklanjuti oleh peserta untuk kemajuan dan perkembangan usahanya. Sukses !