Laman

  • Home

Kamis, 28 September 2017

Mirasa Food Industry, Bisa Menjadi Contoh UKM Go Export

Masalah kualitas kami tidak akan meragukan Kripik Singkong Mirasa Food Industry
Selalu masuk dalam daftar eksportir tangguh Disperindag Propinsi Jawa Tengah, tentu bukan karena kebetulan melainkan karena memang UMKM dari Kabupaten Magelang ini memiliki kinerja ekspor yang memadai untuk masuk dalam daftar peserta eksportir tangguh. Mulai dari pengembangan pasar dari Eropa kemudian TImur Tengah, serta volume ekspor yang bertambah dari tahun ke tahun merupakan beberapa peniliaian kinerja ekspor dari team juri Eksportir Tangguh Jawa Tengah.

Pola pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan bahan baku serta pemenuhan sertifikasi-sertifikasi yang diperlukan dalam ekspor dalam sektor pangan merupakan pertimbangan lainnya.

Skala perusahaannya tidak besar, karena memang perusahaan ini adalah perusahaan UMKM yang berlokasi di deerah Blabak, Mungkid, Kabupaten Magelang. Tetapi apa yang mereka lakukan patut mendapatkan acungan jempol karena mampu mengolah sumber daya lokal menjadi sebuah komoditas ekspor yang patut dipertimbangkan.


Related image
Produk Kripik Singkong Mirasa Food yang Sudah Ekspor, Cap Payung.

Pada kesempatan kami berkunjung ke kota Magelang pada hari Selasa lalu, kami sempatkan mengunjungi pabrik Mirasa Food Industry di Kabupaten Magelang. Jangan terkecoh dengan nama industry di belakangnya, perusahaan ini masih skala UMKM hanya saja memang orientasinya adalah ekspor. Pada kesempatan ini kami bertemu dengan Mbak Mei yang merupakan penanggung jawab pemasaran di Mirasa Food.

Kemampuan Mirasa Food dalam mengangkat potensi lokal berupa singkong menjadi produk makanan dengan standard kualitas ekspor memang menjadi hal yang menarik untuk kami terutama untuk memotivasi UMKM yang lain untuk melakukan ekspor. 

Meskipun banyak komentar negatif bahwa UKM Go Export akan banyak menemui kendala, tetapi kami selalu optimis terutama melihat salah satu UMKM yang telah melakukan ekspor ini. Yang penting masalah legalitas, kualitas, kapasitas dan kontinuitas sudah menjadi persyaratan wajib bagi UMKM yang ingin ekspor. Bukankah sudah banyak buktinya ? Bisa.

Pada kesempatan ini kami juga menanyakan kepada Mbak Mei apa yang dibutuhkan Mirasa dari Kadin Jawa Tengah ? Kami bisa bantu promosi dan jaringan pemasarannya meskipun secara umum Mirasa Food sudah tidak mengalami permasalahan pemasaran karena memang kualitasnya sudah di atas level rata-rata produsen yang lain.

Mirasa Food masih memiliki peluang besar untuk supply pasar-pasar modern di Indonesia, di samping mereka juga lebih tertarik untuk pasar ekspor. Tentunya tidak akan sulit untuk memasarkan produk yang memang sudah dipersiapkan untuk standard ekspor, hanya memilih pasar yang tepat untuk produk ini.

Ketika kebetulan kami kedatangan expert dari Belanda, maka kesempatan ini kami manfaatkan untuk mendapatkan review darinya mengingat kripik singkong Mirasa Food ini sudah masuk pasar Belanda. Dan memang, produk Mirasa Food tidak perlu diragukan dalam masalah cita rasa dan kualitas pengolahannya. Sukses selalu buat Mirasa Food.