Laman

  • Home

Senin, 25 September 2017

Memahami Komunikasi Secara Esensial

Basic Communication Training with Shireem Poyck
Sering kita merasa bahwa kita telah memahami komunikasi dengan baik, tetapi sejauh mana pemahaman kita terhadap komunikasi yang dimaksud perlu ditinjau kembali ketika pasar tidak memberikan kontribusi yang maksimal terhadap produk baru kita.  Komunikasi menjadi masalah yang mendasar dalam memahami kebutuhan pasar, karena fokus kita tidak lagi "asking the market" melainkan justru mengembangkan produk sesuai keinginan perusahaan.

Pada akhirnya kita terbentur dengan masalah pemasaran, karena apa yang telah kita produksi tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. 

Menyikapi hal ini, Kadin Jawa Tengah mengundang UMKM binaan Rumah UMKM yang berorientasi ekspor untuk mengikuti traning komunikasi tentang branding dan positioning, yang digelar di Ruang Meeting Besar Kadin Jawa Tengah. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh communication expert dari PUM Belanda, Mrs Shireen Poyck yang memberikan pemahaman secara esensial tentang komunikasi.

Materi ini kami anggap penting bagi UMKM binaan kami yang masih terpola dengan cara lama, yaitu komunikasi serah (informasi), sehingga pada akhirnya mereka terkendala dalam masalah pemasaran. Pelatihan komunikasi ini pun dikemas dengan cara yang komunikatif sehingga kami bisa mendapatkan feed back yang penting tentang permasalaha utama yang dihadapi oleh UMKM dan apa yang mereka harapkan dari Kadin Jateng.

Kami ingatkan kepada para UMKM binaan kami untuk bisa mengindentifikasi dan mengenali pasarnya, untuk selanjutnya melakukan komunikasi guna memahami apa yang mereka butuhkan dan akhirnya kita bisa mengambil keputusan yang tepat untuk dapat memuaskan kebutuhan pasar tersebut.

Keberadaan expert asing di Kadin Jawa Tengah ini benar-benar kami manfaatkan untuk memperdalam pemahaman kami atas komunikasi, branding dan positioning dimana selama ini harus kami akui bahwa "memahami nilai dan esensi" dari komunikasi sering luput dari konsentrasi kita, padahal pemahaman mengenai esensi komunikasi ini merupakan dasar dalam strategi pemasaran dalam memahami kebutuhan pelanggan.



Kami sadari benar bahwa sesi awal pelatihan ini tidak mungkin langsung bisa dipahami oleh para UMKM binaan kami, butuh waktu dan konsultasi lanjutan untuk memahaminya dan kami siap mendampingi mereka dalam pemahaman lanjutan tentang materi pelatihan ini. Konsep pelatihan seperti akan terus kami kembangkan sendiri untuk bisa melayani para UMKM binaan kami di masa mendatang.