Laman

  • Home

Senin, 18 September 2017

Jika Kreativitas Yang Menjadi Permasalahannya, Maka Kami Harus Punya Trainingnya.

Related image
Training Creative
Jika dalam setiap permasalahan pemasaran yang kami hadapi adalah berawal dari kemampuan kreatif dan inovatif dari para pelaku UMKM, maka sudah semestinya kami memberikan sebuah pelatihan kreativitas kepada mereka agar mereka memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahannya sendiri dan sekaligus berhasil memunculkan inovasi yang luar biasa dalam bidang usahanya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kreatif didefenisikan sebagai kemampuan untuk mencipta atau proses timbulnya ide baru. Pada intinya pengertian kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri aptitude maupun non aptitude, dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. 

Sebenarnya, ada banyak pengertian kreativitas, misalnya ada yang mengartikan kreativitas sebagai upaya melakukan aktivitas baru dan mengagumkan. Di lain pihak, ada yang menganggap bahwa kreativitas adalah menciptakan inovasi baru yang mencengangkan.

Bahwa ternyata kreativitas adalah mengenai cara berpikir (pola pikir) bukan sebuah bakat, sehingga kreativitas bisa dilatih dengan sebuah training.

Hanya dengan merubah cara berpikir (pola pikir) anda dari cara yang lama dengan cara yang baru maka anda akan lebih kreatif dan produktif. Tetapi apakah akan semudah itu merubahnya ? Nah, hal inilah yang membutuhkan seorang ahli yang mendampingi proses perubahan cara berpikir ini.

Tujuan Training

Tujuan utama dari training kreativitas adalah membuat para peserta memiliki jangkauan pemecahan masalah yang lebih luas, yang lebih kreatif. Secara umum tujuan-tujuan dari training tersebut adalah:
  • Memahami cara-cara berpikir baru dan kreatif di lingkungan kerjanya sehingga memampukan dirinya untuk menciptakan ide-ide yang original dan segar.
  • Memahami teknik berpikir kreatif dan inovatif dalam rangka untuk mengembangkan, mengevaluasi dan memilih ide-ide kreatif yang bernilai.
  • Memahami pentingnya kreativitas dalam menemukan solusi atas berbagai bentuk masalah
  • Mengetahui mengapa individu dan kelompok tidak kreatif
  • Mengetahui berbagai teknik dalam menghasilkan berbagai gagasan
  • Mengetahui tingkat kreativitas diri sendiri
  • Mengetahui upaya manajemen apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kreativitas di dalam organisasi.
Summary Training Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif
Dalam training cara berpikir kreatif dan inovatif ini, peserta akan belajar mengenai:
  1. Mengenali potensi diri dan bagaimana mengeksploitasinya.
  2. Mengenali minat dan asset keahlian yang dimiliki.
  3. Menikmati pekerjaan yang digeluti dan mampu membuat sistemasi pekerjaan yang dilakukan secara logik dan detail.
  4. Berlatih fokus.
  5. Breaking the limits
  6. Mengenali proses kreatif, gaya berpikir kreatif dan hambatan kreatifitas
  7. Mengenali berbagai tools yang populer dalam proses berpikir efektif dan kreatif
  8. Mengenali proses pengembangan ide baru dan original, proses evaluasi ide serta pemilihan solusi dan ide yang optimal
  9. Mengenali teknik kreatif berbasis individual dan kelompok
  10. Mengenali aplikasi berpikir kreatif di lingkungan kerja
Metode Pelatihan:
  • Presentation
  • Discuss
  • Case Study
  • Evaluation
  • Simulation
Dengan pelatihan semacam ini kami harapkan para pelaku UMKM akan terbekali bagaimana merubah pola pikir lama menjadi pola pikir yang kreatif dan inovatif sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja. Akan lebih menarik jika pelatihan semacam ini juga dibalut dengan penyajian materi yang menghibur, dan kami akan coba dengan sentuhan trainer dari kalangan magician binaan kami.
 
Saat ini kami sedang menggodog pelatihan kreatif ini dari para praktisi, yang kami harapkan di sini adalah orang-orang yang bergelut dalam dunia kreatif. Profesi magician menjadi gambaran yang menarik bagi kami, sehingga kami berencana untuk melibatkannya dalam praktek training kreativitas ini.
 
Bukankah sosok "magician" sangat kental dibangun dengan "proses kreatif" ? Proses kreatif inilah yang akan kami adopsi kepada peserta pelatihan. Bukan untuk menjadi seorang "magician", melainkan menjadi "seorang yang kreatif". Dengan mentor seorang magician juga, maka training ini akan menjadi lebih entertaining dan menjadi daya tarik tersendiri.