Laman

  • Home

Rabu, 13 September 2017

Hari ini Aku Belajar Komunikasi


Shireen Poyck, Senior Expert dari PUM Belanda
Selalu ada baiknya jika kita mau belajar dari berbagai sumber, dan kali ini saya mendapatkan kesempatan besar karena kedatangan senior expert dari PUM Belanda yang spesialis di marketing communication. Kebetulan lagi, Shireen (begitu dia dipanggil) akan menjadi teman satu ruangan dengan saya selama 2 minggu ini.

Tujuan dari kedatangan senior expert dari PUM adalah untuk membantu para UMKM meningkatkan kemampuan mereka dari bidang-bidang yang mereka anggap masih kurang, mulai dari produksi, manajemen, pemasaran, IT dan sebagainya. Konsultasi pendampingan mereka adalah FREE, UMKM hanya dibebani biaya akomodasi (menginap, makan siang dan transportasi dari penginapan ke lokasi) dan hal itu tentu tidak akan sebanding dengan konsultasi pendampingan yang mereka berikan kepada UMKM.

Kesempatan ini saya manfaatkan untuk belajar banyak mengenai ilmu komunikasi, terutama ilmu-ilmu terapan komunikasi dan pemahaman yang paling sederhanda dan praktis dari seorang expert seperti Shireen Poyck ini.
 
Shireen Poyck, Senior Expert in Communication
Dari banyak ilmu yang diberikan kepada saya hari ini, saya sangat tertarik dengan bagaimana melakukan "positioning" dalam komunikasi. Ada 3 hal penting dalam melakukan positioning yang harus kita pahami, yaitu:
  1. Authentic, menjadi diri kita sendiri dengan segala potensi dan kemampuan yang ada dalam diri kita.
  2. Focus, fokus kepada potensi dan kompetensi kita dan yang paling penting adalah fokus kepada audience atau pasar.
  3. Be special, menjadi spesial sehingga memperjelas perbedaan kita dengan para pesaing.
Respon dari market atau audiece menjadi satu hal yang paling penting dalam komunikasi. Bukan mengenai pendapat kita, melainkan apa pendapat audience terhadap  diri, produk dan perusahaan kita.

Shireen & Me @ Office
Lantas communication tool apa yang paling efektif untuk mendapatkan respon dari konsumen ? Ternyata justru adalah cara yang paling konvesional, yaitu berbicara langsung kepada kostomer.

Apa yang membuat positioning kita kuat ? Hal yang seolah sederhana ini ternyata justru sering terlewat, apa ? Member atau customer lah yang membuat posistioning kita kuat karena hanya kita yang tahu siapa pasar kita  Bagaimana kita tahu customer kita ? Adalah karena kita menerapkan prinsip komunuikasi yang benar.

Kami berharap besar dengan kehadiran para expert dari PUM Belanda bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Jawa Tengahn sehingga mereka mendapatkan edukasi dan informasi yang bermanfaat bagi pengembangan usaha mereka.