Laman

  • Home

Rabu, 06 September 2017

Agar Sukses, Siapa Saja Yang Harus Ada Dalam Jejaring Bisnis Anda ?

Image result for people in network
Orang-orang dalam network anda.
Masih terkait dengan membangun jejarin bisnis yang kuat, beberapa UMKM menanyakan siapa sajakah yang harus ada dalam jejaring sehingga jejaring ini sangat kuat dalam menjamin kesuksesan bisnis para anggotanya. Jika tulisan kami sebelumnya adalah mengenai cara membangun jejaring yang kuat, maka dalam tulisan ini kami akan memberikan 10 macam orang yang harus ada dalam jejaring bisnis agar jejaring ini handal dan kuat. Mereka itu adalah:

1. Mentor
 
Mentor adalah orang yang telah mencapai tingkat kesuksesan yang dicita-citakan. Anda bisa belajar dari kesuksesan mereka dan juga kesalahan mereka. Hormatilah kebijaksanaan dan pengalaman mereka. Hubungan ini menawarkan perspektif yang unik karena mereka telah mengenal Anda melalui beberapa puncak dan lembah dalam hidup Anda dan menyaksikan Anda berevolusi.

2. Pelatih
 
Pelatih adalah seseorang yang datang pada waktu yang berbeda dalam hidup Anda. Mereka membantu dengan keputusan dan transisi penting dan menawarkan perspektif objektif tanpa pamrih. Jika terkait dengan kesuksesan bisnis UMKM maka yang dimaksud dengan pelatih adalah pendamping UMKM atau konsultan.

3. Insider Industri
 
Insider Industrii adalah seseorang di bidang pilihan Anda yang memiliki informasi tingkat ahli atau akses terhadapnya. Orang ini akan memberi tahu Anda tentang apa yang terjadi sekarang dan apa hal besar berikutnya. Mintalah mereka menjadi dewan yang terdengar untuk ide inovatif Anda selanjutnya.

4. Trendsetter
 
Trensetter adalah seseorang di luar industri pilihan Anda yang selalu memiliki buzz terbaru. Bisa jadi topik apapun yang menurut Anda menarik. Tujuan memiliki orang ini di jaringan Anda adalah untuk mencari koneksi yang memicu inovasi melalui cara yang tidak konvensional. Orang Ini juga akan membantu Anda menjaga percakapan Anda tetap menarik.

5. Konektor
 
Konektor Ini adalah orang yang memiliki akses terhadap orang, sumber daya dan informasi. Begitu mereka menemukan sesuatu yang berhubungan dengan Anda, mereka mengirimi Anda e-mail atau mengangkat telepon. Konektor hebat dalam menemukan cara unik untuk membuat koneksi, menemukan sumber daya dan peluang yang akan diabaikan oleh kebanyakan orang.

6. Kaum Idealis
 
Inilah orang dalam jaringan Anda yang bisa Anda impikan. Tidak peduli bagaimana "di luar sana" ide terakhir Anda adalah, inilah orang yang akan membantu Anda melakukan brainstorming cara mewujudkannya. Tanpa penilaian, mereka berfokus untuk membantu Anda menyempurnakan impian Anda dalam definisi tinggi, bahkan jika Anda belum memiliki rencana yang solid mengenai bagaimana mewujudkannya.

7. Realis
 
Di sisi lain, Anda masih memerlukan orang yang akan membantu Anda menjaganya tetap nyata. Inilah orang yang akan memberi Anda alis terangkat saat harapan Anda melebihi usaha Anda. Ini bukan orang yang merobohkan mimpimu, melainkan menantangmu untuk secara aktif membuat mimpimu terjadi.

8. Visioner
 
Orang visioner menginspirasi Anda dalam perjalanan mereka. Mereka mirip dengan Idealist, namun visioner dapat membantu Anda membayangkan rencana aktual untuk mencapai tujuan Anda. Satu pertemuan pribadi dengan tipe orang ini dapat dengan kuat mengubah arah pemikiran dan kehidupan Anda.

9. Mitra
 
Anda harus memiliki seseorang yang berada di tempat yang sama dan memiliki jalur yang sama untuk dibagikan. Sebenarnya, mitra melakukan banyak sharing. Ini adalah orang yang bisa Anda bagikan dengan kemenangan dan kesengsaraan. Mitra juga akan berbagi sumber daya, peluang dan informasi.

10. The Wanna-Be: 
 
Ini adalah seseorang yang bisa Anda jadikan sebagai mentor. Seseorang dapat membantu membentuk dan membimbing berdasarkan pengalaman Anda. Salah satu cara terbaik untuk mengatakan bahwa Anda memahami sesuatu adalah bisa menjelaskannya kepada orang lain. Dan terkadang, salah satu motivator terbaik untuk mendorong melalui rintangan dan kesulitan adalah mengetahui bahwa seseorang sedang menonton.
 
Memang akan sulit membangun jejaring yang ideal seperti di atas, namun hal tersebut bukanlah hal yang mustrahil untuk dicapa. Dengan adanya seorang konektor yang handal semua orang yang dimaksudkan di atas bisa dijangkau, dan jejaring semacam ini bisa terwujud.