Laman

  • Home

Rabu, 06 September 2017

7 Cara Membangun Jejaring Usaha Yang Kuat


Image result for build strong network
Bagaimana membangun jejaring usaha yang kuat ?
Networking merupakan faktor penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Anda bisa memiliki keterampilan dan pengalaman, tapi tanpa koneksi, akan menajdi sulit untuk mendapatkan mendapatkan pekerjaan atau bahkan membangun bisnis. Sebuah studi baru-baru ini dilakukan oleh Right Management dan menemukan bahwa untuk tahun kelima berturut-turut, jaringan orang-ke-orang adalah cara yang paling efektif untuk menemukan pekerjaan atau bisnis baru.

Jaringan memiliki tingkat efektivitas 46%, dibandingkan dengan iklan Internet (25%), perekrutan (14%), pendekatan langsung (7%) dan iklan surat kabar (1%).

Banyak orang mengalami masalah dengan jaringan karena mereka tertutup, merasa seperti mereka dibutuhkan orang dan bersikap egois dan bukannya membantu. Berikut adalah 7 (tujuh) tip yang akan membantu Anda membangun jaringan, bahkan jika Anda bukan seorang schmoozer alami.

1. Fokus pada orang yang tepat.

Rahasia berjejaring bukan untuk menghadiri acara networking dan membagikan sebanyak mungkin kartu nama. Tetapi tidak perlu sebanyak itu bertemu orang dengan harapan ada sesuatu yang akan berhasil. Namun, Anda perlu berkonsentrasi pada orang-orang yang Anda kenal akan bisa membuat perbedaan dalam bisnis Anda.

2. Buat situasi yang Win-Win.

Sangat penting bagi Anda dan pihak lain untuk mendapatkan keuntungan yang sama ketika berjejaring. Jika Anda mendapatkan keuntungan lebih dari orang lain, maka dia akan merasa ditipu dan digunakan. Bila itu terjadi, Anda tidak akan bisa membangun hubungan jangka panjang.

3. Memberikan sebelum Anda menerima.

Dalam situasi jaringan, orang mengharapkan Anda meminta bantuan mereka. Jika Anda membalikkannya dan menawarkan beberapa dukungan, mitra jaringan Anda akan bersyukur dan ingin membalasnya.

4. Menjadi sebuah konektor.

Anda tidak harus selalu mendapatkan sesuatu dalam hubungan jaringan. Jika Anda bisa mengenalkan orang yang bisa mendapatkan keuntungan dari satu sama lain, itu sama efektifnya. Anda bisa membangun hubungan yang lebih kuat dengan banyak orang dan itu membuat Anda sangat baik dalam situasi berjejaring.

5. Ingatlah untuk menyambung kembali.

Kita semua memiliki orang-orang yang akan menghubungi kita lagi dari nol setelah bertahun-tahun tidak berhubungan. Ketika hal itu terjadi, Anda biasanya tidak ingin terhubung lagi dengan mereka karena mereka tidak berusaha mempertahankan hubungan. Setelah Anda memilih orang yang tepat untuk terhubung dengan jaringan, ingatlah untuk tetap berhubungan dengan  mereka.

6. Gunakan jaringan sosial.

LinkedIn, Facebook, instagram dan Twitter adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk terhubung secara pribadi ke orang yang berbeda di industri Anda. Di LinkedIn misalnya, Anda bisa diperkenalkan ke kontak baru melalui koneksi Anda saat ini. Anda juga dapat menggunakan LinkedIn sebagai database profesional untuk menemukan orang-orang yang bekerja di bidang  profesional Anda di berbagai perusahaan.

7. Mulailah membangun jaringan Anda sendiri.

Salah satu cara terbaik untuk bertemu orang yang berpikiran sama adalah dengan membangun grup jaringan Anda sendiri. Anda dapat menggunakan Meetup.com dan EventBrite.com untuk membuat agenda acara berdasarkan topik tertentu seperti pemasaran, keuangan, atau akuntansi. Dengan menjadi pemimpin kelompok ini, Anda akan segera menjadi lebih terhubung dan dicari-cari. Orang akan ingin bertemu dengan Anda karena Anda adalah pencipta.
Demikian sharing dari kami yang mungkin sangat berguna bagi teman-teman UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan membangung jejaring.

Sumber:
Dan Schawbel adalah managing partner Millennial Branding, sebuah firma riset dan manajemen Gen-Y.