Laman

  • Home

Rabu, 30 Agustus 2017

UKM Go Ekspor ? Mengapa Tidak ?

Sosialisasi Komunikasi Informasi Ekspor Customer Service Center (CSC)
Bertempat di The Wujil Resort di Kabupaten Semarang, BPEN (Balai Pengembangan Ekspor Nasional) menggelar sosialisasi komunikasi informasi ekspor Customer Service Center (CSC). Dalam kesempatan ini Kadin Jwa Tengah diminta memberikan materi "UKM Go Ekspor" untuk memotivasi UMKM berani melakukan ekspor. Sosialisasi yang dihadiri oleh sekitar 30 UKMM ini banyak menghadirkan produsen batik dan handicraft.

Dalam materi kami, kami memberikan informasi apa yang harus dipersiapkan oleh UKM ketika mereka mulai melirik pasar ekspor, bagaimana memahami ekspor dengan sederhana dengan semua keterbatasan yang dimiliki oleh UMKM dan bagaimana solusi praktis UMKM bisa melakukan ekspor.

Ibarat dunia lebih indah dari mata anak kecil, maka demikian halnya dengan ekspor yang begitu indahnya di mata seorang pelaku UMKM karena mereka memang masih dalam kungkungan keterbatasan pengetahuan, pengalaman dan informasi. Memberikan pemahaman yang sederhana tentang ekspor dan bagaimana memelakukanya adalah jalan yang bijaksana untuk memotivasi mereka. Memberikan best praktis bagaimana melakukan ekspor dengan skala kecil adalah langkah praktis untuk memahamkan kepada mereka bahwa ekspor tidaklah sulit.

Ekspor Bagi UMKM ? Biasa Saja Tuh ....

Yang paling penting adalah UMKM benar-benar menyiapkan diri dan produknya untuk memasuki pasar ekspor. Mereka harus memberi jaminan kuliatas dan konsitensinya, kapasitas dan konsistensinya, kontinuitas supply dan konsistensinya serta yang paling penting adalah legalitas usaha dan produknya.

Pemahaman mereka terhadap product knowledge dan perhitungan harga juga sangat menentukan, dan mereka harus benar-benar expert dalam hal tersebut karena mereka adalah produsennya. Kami pun mengingatkan bahwa, jika sudah ekspor maka yang mereka pertaruhkan adalah citra produk Indonesia, tidak hanya produk mereka saja.

Untuk handicraft, 2 hal penting yang harus terus ditingkatkan adalah DESAIN dan WORKMANSHIP. Terkait dengan hal ini BPEN juga menyampaikan bahwa mereka juga menfasilitasi UMKM dengan DESAIN CENTER yang dipersiapkan untuk membantu permasalahan pokok tersebut.

Sosialisasi Komunikasi Informasi CSC
Beberapa permasalahan yang terjadi ketika UMKM melakukan ekspor pun kami bahas dan berikan solusi dalam sesi tanya jawab. Pentanyaan yang paling paling muncul adalah mengenai bagaimana mereka membangun konsep produk yang akan mempengaruhi desain produk mereka, bagaiman sistem pembayaran yang aman dalam ekspor dan bagaimana mencari dan memilih buyer yang aman.

Kami berharap UMKM Kabupaten Semarang bisa memanfaatkan konsltasi bisnis kami yang kami gelar setiap hari Selasa dan Jumat di kantor Kadin Jawa Tengah. Jangan takut ekspor, tapi takutlah bahwa produk anda belum layak ekspor.