Laman

  • Home

Selasa, 29 Agustus 2017

Santai Tapi Menghasilkan, Itu Yang Mereka Pilih

Image result for old man business
Bisnis Untuk Para Pensunan, Bisnis Santai Tapi Menghasilkan

Jika tidak salah hitung, hari Selasa 29 Agustus 2017 adalah gelombang ke-5 pembekalan untuk MPP (Masa Persiapan Pensiun) yang diselenggarakan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Propinsi Jawa Tengah. Seperti biasa kami memberikan motivasi dengan cara kami sendiri, yaitu memberikan gambaran kondisi ke depan dan apa yang bisa dilakukan di masa pensiun serta memberikan beberapa alternatif bisnis yang tidak perlu mengorbankan dana pensiunnya.

Sebuah kemasan kreatif dari bisnis sederhana yang bisa digali dari hobby dan keahlian para pensiunan. Yang dimaksudkan kreatif di sini adalah pemanfaatan teknologi yang ada, tentunya dengan cara sederhana yang bisa diikuti oleh para peserta yang usianya mendekati di kisaran 55 tahun. Teknologi tersebut adalah teknologi internet, atau teknologi online. Setidaknya mereka bisa menggunakan email dan media sosial.

Kami ingatkan mereka betapa tahun-tahun mendatang mereka "dipaksa" untuk mengakrabi teknologi karena sebagian besar pasar didominasi oleh generasi millenial (Baca: Tantangan Bisnis Tahun Mendatang : Perubahan Perilaku Pasar!) dimana bukti transformasi digital telah berlangsung. Sudah bukan saatnya lagi mereka bermain dengan pola-pola kerja lama. Di sisi lain juga kami ingatkan mereka apa yang akan mereka hadapi di masa pensiun mereka, yaitu : Semua beban hidup akan jauh semakin berat dari kondisi sekarang, sementara penghasilan mereka berkurang drastis. 

Mereka memang harus tetap memiliki income, mereka harus mencoba alternatif usaha yang beresiko kecil karena mereka pun tidak bisa dengan mudah di-switch menjadi seorang entrepreneur setelah mereka dikungkung oleh rutinitas sebagai seoarang pegawai negeri selama puluhan tahun. Harus dimulai dari yang kecil, apa yang mereka sukai untuk bisa mengisi kekosongan kegiatatan yang akan mereka hadapi di masa mendatan tetapi mampu memberikan income bagi mereka.

Beberapa alternatif bisnis konvensional tetapi dikemas dengan cara online juga kami paparkan untuk memberikan gambaran, selain alternatif bisnis online seperti menjadi seorang blogger, vlogger atau yang paliing sederhana yaitu: menjadi pedangang online !

Gambaran-gambaran yang kami berikan cukup menarik untuk mereka, karena mereka memang butuh itu. Mereka butuh ide dan mereka butuh sesuatu yang kecil dan bisa segera mereka mulai dan kami pun memberikan gambaran tahapan-tahapan bagaimana mempersiapkan diri sebagai pedagangan online, dengan bantuan sosial media yang ada.

Memulai bisnis dengan social media ada mereka langkah sederhana yang bisa mereka lakukan, karena mereka bisa lakukan dengan sebuah smartphone. Kami pun memberikan beberapa tips mencari produk yang unik untuk mereka tawarkan di media social mereka, bagaimana membangun jaringan prospek pembeli di social media mereka dan bagaimana membuat penawaran yang menarik.

Ya, mereka memang harus diarahkan dengan strategy "small movement toward", satu gerakan kecil yang bisa memotivasi gerakan berikutnya. Mari berwirausaha !