Laman

  • Home

Selasa, 15 Agustus 2017

Registrasi Online UKM Pangan Award 2017

Sosialisasi Registrasi Online UKM Pangan Award 2917
Menjawab pertanyaan dari para peserta UKM Pangan Award 2017 dari Jawa Tengah, pada hari Selasa 15 Agustus 2017 ini diberikan sosialisasi registrasi online oleh team IT Kementrian Perdagangan Jakarta. Kegiatan ini menghadirkan 43 UMKM yang telah terseleksi dan terbina selama masa seleksi UKM Pangan Award ini.

Perubahan cara registrasi dengan sistem online ini memang perlu disosialisasikan kepada para peserta agar pendaftaran mereka secara resmi bisa segera direalisasikan. Beberapa UMKM yang telah membawa data soft copy bisa langsung segera didaftarkan pada sesi sosialisasi ini. 

Dalam kegiatan ini selain penekanan masalah validitas legal produk dan usaha, kami juga memberikan berbagai tips mengenai bagaimana mengambil foto produk dan video proses produksi yang mudah dengan menggunakan kamera smartphone. Kami mengngatkan bahwa bahasa visual dalam dunia online merupakan hal yang  paling penting, sehingga perlu kiranya kami memberikan pengarahan bagaimana bisa membuat foto dan video sendiri dengan menggunakan kamera smartphone.

Sebenarnya dari pihak kami selaku team juri di Jawa Tengah juga muncul kekawatiran mengenai perubahan kiteria dan cara registrasi (dengan sistem online) saat ini karena munculnya kebijakan itu justru di tengah perjalanan kami melakukan seleksi, yang masih menggunakan sistem lama. Salah satu upaya untuk "selaras" dengan kebijakan baru tersebut adalah dengan memberikan sosialisasi online ini.

Pendaftaran online ini akan ditutup pada tanggal 8 September 2017, sehingga para peserta hanya memiliki waktu kurang lebih 20 hari untuk melengkapi persyaratan seperti soft copy legalitas usaha dan produk, foto produk dan proses produksi serta video proses produksi. Sempat terjadi permasalahan di server ketika ada peserta yang belum pernah mendaftar namun ketika login muncul info bahwa email sudah terdaftar, dan hal ini sudah dilaporkan kepada kepada team Kementrian Perdagangan secara langsung. Selain itu, kendala lain adalah ketika peserta telah mengisi "catcha" ada kesalahan di server yang tidak bisa melanjutkan proses dan hal ini juga sudah dilaporkan kepada team.

Sosialisasi Registrasi Online UKM Pangan Award 2017

Sosialisasi Registrasi Online UKM Pangan Award 2017
Sosialisasi Registrasi Online UKM Pangan Award 2017
Sosialisasi Registrasi Online UKM Pangan Award 2017
Untuk koordinasi dsetelah acara sosialsiasi ini, kami akan membuat group WA dengan dipandu dari team IT Kemendag terkait dengan masalah registrasi online ini. Dengan cara ini, seluruh peserta akan terupdate informasi terkait registrasi online ini.

Semoga waktu yang hanya tinggal 20 hari ini bisa segera dimanfaatkan oleh peserta untuk melengkapi hal-hal yang masih kurang dalam registrasi online tersebut. Tidak hanya sekedar ada, tetapi harus belajar membuat sesuatu yang secara visual menjadi sangat menarik.

Selamat dan sukses para peserta UKM Pangan Award 2017 dari Jawa Tengah !