Laman

  • Home

Senin, 21 Agustus 2017

Potensi Kerajinan Kabupaten Pati

Kerajinan Kaleng Kabupaten Pati
Berada di kantor Disperindag Kabupaten Pati merupakan kesempatan bagi saya untuk kembali menengok perkembangan produk-produk di Pasar Pragolo. Mungkin belum banyak yang baru yang bisa saya temukan di sini, namun beberapa koleksi menjanjikan kepada saya sebuah potensi yang bisa dikembangkan pemasarannya.

Produk hardware dari kuningan dan stainless merupakan potensi terkuat dari Kabupaten Pati dan memiliki potensi pemasaran yang luas baik dalam dan luar negeri. Produk ini masuk kategori building material. Ketika furniture mengalami kejayaan di Jawa Tengah, Kabupaten Pati merupakan supplier hardware terkemuka yang menjadi pendukung kota-kota lain seperti Jepara, Semarang, Solo dan Yogya dalam ekspor furniture.

Saya menyakini bahwa dengan promosi yang masif dan terencana, produk hardware dari kabupaten Pati akan bisa mencapai kejayaannya kembali mengingat kualitas dan kapasitas produksi yang memadai. Disperindag Kabupaten Pati perlu melirik pameran-pameran khusus building material dan properti untuk mengangkat produk andalan ini, bukan pameran yang umum yang selama ini diikuti.

Produk hardware
Terkait dengan potensi produk kerajinan bambu, saya perlu mereview konsep kerajinan yang diusung oleh para pelaku UMKM yang tidak fokus dan tidak peka terhadap trend dan kebutuhan pasar. Bukankah membuat produk kemasan pangan dari bambu juga merupakan peluang yang sangat besar bagi para pengrajin bambu ? 

Sangat disayangkan ketika para pelaku UMKM Pangan masih melirik material kemasan dari plastik, aluminium foil dan kertas, sementara box kemasan dari bambu justru bisa memberikan nilai otentik dan nilai tradisional yang lebih baik. Pada kesempatan ini saya memberikan tantangan kepada dinas terkait untuk mencoba mengarahkan para pengrajin bambu membuat kemasan produk berbahan baku bambu. Semua tergantung kreatvitas dan inovasi dari para pelaku UMKM sendiri.

Nah, ada yang menarik perhatian saya kali ini. Sebenarnya saya sudah tahu bahwa kerajinan dari bahan metal memang merupakan salah satu potensi andalan dari kabupaten Pati dan saya melihat produk ini bisa dikembangkan lebih lanjut dengan konsep khusus, yaitu konsep "up cycling" yang selama didengungkan oleh teman-teman UMKM dari Kota Salatiga.

Bagaimana membuat produk kerajinan yang berdaya jual tinggi dari bahan-bahan recycle memang patut mendapatkan sentuhan pengembangan lebih lanjut. Misalnya produk kerajinan dari kaleng minuman ringan di bawah ini. Produk yang bisa menjadi souvenir yang unik ini bisa dikembangkan kembali kualitas dan kemasannya, dan bahkan bisa dikhususkan sebagai program CSR dari brand-brand yang kaleng produknya dimanfaatkan untuk kerajinan ini.

Kerajinan Kaleng Bekas

Kerajinan Kaleng Bekas

Kerajinan Kaleng Bekas

Kerajinan Metal
Ya, semua apa yang bisa saya amati dari sekitan menit saya menyempatkan diri menengok Pasar Pragolo Pati. Semoga tidak hanya saya saja yang ingin menulis mengenai potensi Kabupaten Pati ini melainkan teman-teman blogger yang ada di kabupaten terpanggil untuk mempromosikan kabupaten tercintanya. Tetap semangat !