Laman

  • Home

Kamis, 24 Agustus 2017

Peluang Pemasaran Produk UMKM Untuk Propinsi Terpencil


Workshop Permen Perdagangan Antar Pulau di Hotel Grandhika Semarang.
Kamis 24 Agustus 2017 kami mewakili Waketum Perdagangan Kadin Jawa Tengah untuk memberikan materi "Peran Pelaku Usaha Dalam Meningkatkan Kinerja Perdagangan Antar Pulau" dalam Workshop Permen Perdagangan Antar Pulau di Hotel Grandhika Semarang. Secara umum kami mewakili para pelaku usaha yang terlibat langsung dan tidak langsung dalam perdagangan antar pulau yang terus terang perlu kita akui tidak "tertelusur" perdagangannya, baik masalah telusur komoditas perdagangan maupun telusur pelaku perdagagannnya.

Jika tidak terukur maka bagaimana untuk mengatur dan mengelolanya? Inilah yang dimaksudkan dalam penerbitan permen tersebut. Tujuannya adalah pemerataan hasil pembangungan di seluruh pulau-pulau di Indonesia, terlebih untuk pulau-pulau terpencil yang sampai saat ini belum terjangkau perdagangan.

Kami merasa seperti diingatkan bahwa pasar antar pulau antar propinsi di Indonesia merupakan potensi pasar bagi produk UMKM di Jawa Tengah yang belum tergarap secara maksimal. Selama ini kami justru terfokus pada keinginan para pelaku UMKM untuk menembus pasar ekspor.

Workshop diikuti oleh Disperingag dan pelaku usaha di Jawa Tengah dan DIY.
Kebijakan yang menawarkan kemudahan logistik dan akses distribusi ke pulau-pulau terpencil melalui tol laut merupakan terobasan bagus dalam memeratakan hasil pembangunan dan kesejahteraan rakyat. 

Peningkatan monitoring dengan potensi telusur komoditas dan pelaku usaha dalam kebijakan ini akan membantu pengelolaan perdagangan di dalam negeri yang selama ini sama sekali tidak terpantau, terutama yang transportasinya melalui laut dan sungai. Penelusuran ini diwujudkan dalam manifest yang akan ditertibkan dalam setiap distribusi dan logistik perdagangan antar pulau.

Workshop ini diiikuti oleh sekitar 100 peserta yang merupakan wakil dari Disperidag Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan juga para pelaku usaha.

Workshop Kebijakan Perdagangan Antar Pulau

Workship Kebijakan Perdagangan Antar Pulau

Workshop Kebijakan Perdagangan Antar Pulau
Masukan-masukan yang berhasil kami himpun dalam workshop ini akan kami sikapi dengan peningkatan kerjasama antar propinsi dan antar Kadin di seluruh Indonesia untuk membuka peluang yang lebih besar dalam pemasaran produk UMKM dan produk-produk potensial Jawa Tengah. Banyak produk-produk dari Jawa Tengah yang bisa kami tawarkan kepada pulau-pulau lain selain sembako dan barang-barang penting, kami memiliki gula cair, VCO, keju dan berbagai produk UMKM lain yang membiliki prospek pemasaran di luar pulau,