Laman

  • Home

Sabtu, 19 Agustus 2017

Klinik Food Photography dengan SmartPhone untuk Peserta UKM Pangan Award 2017

Belajar melakukan food photography dengan smartphone.
Menindaklanjuti registrasi online bagi peserta UKM Pangan Award 2017, Rumah UMKM didaulat untuk memberikan klinik food photography kepada kurang lebih 43 peserta UKM Pangan Award 2017 melalui group WA. Di sini kami dituntut untuk meluangkan waktu mendampingi para peserta UKM Pangan Award dalam mempersiapkan: foto produk, foto promosi dan video proses produksi.

Menganjurkan mereka mengundan fotografer profesional memang lebih mudah dan praktis, namun selain biaya yang dikeluarkan peserta akan cukup tinggi, sisi edukasi juga tidak mengena. Memberikan mereka pembekalan pemotretan makanan dengan kamera DSLR dan Mirrorless tentunya juga butuh waktu yang lebih lama, di samping mereka juga belum memiliki peralatan tersebut.  

Quick winnya adalah mengajarkan mereka melakukan food photography dengan smartphone, di samping mereka sudah memiliki peralatannya, dengan smartphone berbagai applikasi fotografi dan videografi dengan mudah bisa diunduh. Meskipin telah dimanjakan dengan applikasi, peserta tetap saja dituntut harus menguasai dasar-dasar fotografi yang mencukupi agar hasil foto dan video untuk kepentingan registrasi online bisa sesuai dengan yang diharapkan. 

Bahasa Online Yang Efektif Adalah Bahasa Visual 

Selalu kami ingatkan kepada peserta bahwa bahasa promosi, terutama promosi online adalah bahasa visual dan audio visual. Bagaimana mereka bisa menghasilkan pesan visual merupakan "gap" yang harus kami coba untuk menyempitkannya. Dengan "learning by doing" yang kami lakukan melalui konsultasi food photography, kami harapkan para peserta mampu mengembangkan kemampuan fotografi-nya masing-masing, toh hal ini justru mengasyikan dan memberikan bekal kepada mereka untuk  mampu memproduksi materi promosi sendiri di kemudian hari.

Foto produk Roti Gaplek INAGIRI
 
Masih dalam percobaan, foto produk kaldu ayam YUMAMI.

Foto produk NICHI Bumbu Kare Jepang.

Menengok batas waktu pendaftaran adalah 8 September 2017, kami harapkan dalam minggu ini para peserta UKM Pangan Award 2017 dari Jawa Tengah telah mahir membuat foto produk dan video proses produksi, termasuk foto dan video promosi dengan menggunakan smartphone mereka.

Foto produk jenang pepaya KATESE.
Foto produk Roti Gaplek INAGIRI
Foto produk minuman Buah Bit GENDHIS MANIES

Kami berharap waktu konsultasi yang kami sediakan sampai dengan tanggal 8 September 2017 bisa dimanfaatkan oleh peserta. 

Kategori Produk UKM Pangan Award 2017

Beberapa peserta masih mempertanyakan kategori produk UKM Pangan, sehingga perlu kami sampaikan informasi terkait dengan pembagian kategori produk UKM Pangan Award berikut ini:








Semoga informasi-informasi ini bermanfaat untuk memotivasi para pelaku UMKM Jawa Tengah yang menjadi peserta UKM Pangan Award 2017 menjadi penampil yang terbaik, tidak sekedar berpartisipasi saja.