Laman

  • Home

Rabu, 09 Agustus 2017

10 Pertanyaan Sebelum Membuat Desain Kemasan

Image result for Making Packaging Design
Membuat desain kemasan yang menarik harus melalui perencaan desain yang baik.

Harus kami akui bahwa banyak pelatihan kemasan kepada UMKM seringkali nara sumber melakukan "salah materi" kepada pelaku UMKM. Para peserta pelatihan dijejali pemahaman mengenai desain grafis, padahal jelas-jelas mereka memiliki latar belakang yang beragam. Para nara sumber lupa bahwa mereka adalah user yang hanya butuh poin-poin penting saja dalam perencanaan desain kemasan. Mereka bukanlah para pengusaha percetakan atau desainer grafis yang cocok dengan materi yang disampaikan.

Para pelaku UMKM cuma butuh penjelasan bagaimana kriteria desain kemasan yang baik, dan sebisa mungkin ada contoh riil atau visual yang bisa mereka lihat agar ide mereka muncul. Perlu juga memahamkan mereka mengenai fungsi kemasan, jenis kemasan, bahan kemasan dan peraturan-peraturan dan persyaratan yang mengaturnya.

Menyikapi hal tesebut, berikut ini kami sampaikan sedikit sharing yang mungkin berguna bagi teman-teman pelaku UMKM dalam merencanakan desain kemasan produknya. Ada 10 pertanyaan yang perlu dipahami oleh para pelaku UMKM, yaitu:














Materi di atas kami cuplik dari materi pelatihan kami yang bertajuk "Packaging is A Silent Salesman" yang sering kami paparkan kepada para pelaku UMKM binaan kami di kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Semoga sharing singkat ini bermanfaat bagi UMKM Yang ingin naik kelas dengan desain kemasan yang lebih baik.