Laman

  • Home

Selasa, 04 Juli 2017

Pesaing Adalah Pasar Anda !

Image result for Competitor is Your Market
Cari Pasar ? Coba Petakan Kompetior Anda.
Keluhan dari para pelaku UMKM yang paling sering kami dengar adalah masalah pemasaran produknya. Hal ini sering kami dengar ketika mereka melakukan konsultasi bisnis dengan kami.

Yang lebih memprihatinkan lagi, beberapa pelaku UMKM yang masih pemula bahkan tidak tahu siapa pasar dari produknya. Yang begini ini bagaimana mau jual produk jika pasarnya pun mereka tidak tahu. Harus kami akui memang banyak sekali pelaku UMKM memproduksi barang karena ikut-ikutan, dan setelah mereka punya produk maka kebingunan atas pasar mulai mereka hadapi.

Dalam konsultasi ini kami mencoba memahamkan kepada para pelaku UMK siapa sebenarnya pasar yang mereka bidik, dengan cara sederhana membedah STP (segmentation, targeting dan positioning) setelah sebelumnya kami pahami terlebih dulu produk yang mereka hasilkan. Dengan memahami STP dengan benar maka setidaknya pelaku UMKM mulai terbekali bagaimana mereka mengenali pasarnya, apa yang mereka derita dan apa yang mereka butuhkan.

Ada beberapa UMKM yang juga melanjutkan konsultasi tentang bagaimana membuat sebuah outline strategy pemasaran untuk produk mereka, karena hal ini sangat penting dalam memberikan arah pemasaran dan promosi produk. Kami sangat menghargai atensi dari para pelaku UMKM yang ingin lebih jauh memahami pemasaran, terutama untuk produknya.

Mengenali Pesaing

Pemahaman yang dangkal mengenai pesaing oleh para pelaku UMKM seringkali membawa kesuilitan-kesulitan yang merugikan bagi UMKM tersebut. Sebagian pelaku UMK masih menanamkan mindset bahwa pesaing adalah "musuh" mereka, yang harus mereka singkirkan dan mungkin bisa mereka "matikan".

Hal ini terjadi karena wawasan pemasaran mereka sangat sempit sehingga mereka selalu meraka bahwa dia dan pesaing harus selalu berebut roti yang sama. Mereka juga tidak menyadari bahwa kapasitas mereka sebenarnya belum sebanding dengan dengan permintaan yang ada, dari pasar.

Inilah PR kami untuk membuka wawasan para pelaku UMKM, bahwa pasar masih cukup luas untuk digarap bersama. Bahkan pesaing pun bisa menjadi mitra kerja yang potensial, mengapa ?

Karena bisnis kita dengan pesaing pasti memiliki banyak kesamaan, sehingga sebenarnya banyak peluang yang bisa digarap bersama pesaing. Menyakini bahwa "pesaing adalah potensi pasar" merupakan pengalaman kami pribadi ketika berbisnis di bidang konstruksi baja, dimana sebagian besar customer kami justru adalah pesaing !

Related image
Pesaing bukan musuh, melainkan mitra kerja yang potensial.
Pada saat ini kami menawarkan untuk memproduksi beberapa komponen produk yang menurut kami memiliki nilai strategis dan ekonomis yang tinggi dan akan menjadi lebih mahal jika dikerjakan oleh pesaing sendiri, karena skala produksinya yang lebih besar dari kami. Selain itu kami juga menawarkan produk-produk baru yang belum pernah dikerjakan oleh pesaing, yang tentunya sudah kami patent-kan terlebih dahulu, untuk membantu pesaing kami memasuki pasar yang sulit kami tembus.

Dengan cara-cara seperti di atas kami bisa berkolaborasi dengan apik dengan pesaing kami dalam menggarap pasar yang membutuhkan kerjasama kami.

Pesaing Adalah Pasar

Sebagaimana dipahami bahwa pesaing adalah perusahaan yang paling "mirip" dengan kita, baik dari sisi produk, proses produksi maupun pasarnya. Banyak kesamaan yang dimiliki pesaing dengan bisnis kita, oleh sebab itu sebenarnya banyak peluang yang bisa digarap bersama ketika kapasitas dan skala produksi pesaing terbatas sementara kebutuhan pasar (demand) sangat besar.

Selain itu dengan adanya pesaing yang bisa berkolaborasi dengan kita, maka banyak percepatan pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh kedua belah pihak. Pihak mana yang belajar lebih cepat dan efektif maka sebenarnya adalah pihak yang menang dalam persaingaian, meskipun hal ini akan tetap menjadi rahasia mereka.

Ada beberapa pelaku UMKM yang bertanya kepada kami:"Pak jika kami supply kepada pesaing kami apakah hal itu tidak akan mematikan brand kami ?"

Dari sudut pandang kami, yang terpenting untuk usaha skala UMKM adalah cash flow dulu yang akan memberikan jaminan bahwa usaha mereka bisa berjalan dengan baik. Jika ada peluang pasar yang bisa digarap, dalam kasus ini adalah pesaing, maka dari sisi cash flow usaha pelaku UMKM tersebut akan terbantu. Masalah brand itu adalah sebuah proses yang panjang, yang akan dibuktikan oleh kinerja kita baik dari kinerja produksi maupun kinerja pemasaran.
Related image
Pesaing Adalah Mitra

Bahwa membangun brand itu butuh banyak konsekwensi, terutama biaya. Maka perusahaan yang memiliki cash flow yang lebih baik akan memiliki peluang membangun brand dengan baik, apalagi dengan bukti bahwa pasar bisa menerima produk mereka meskipun harus melalui tangan pesaing.

Meskipun pada awalnya pasar tidak akan melihat "brand" UMKM di produk tersebut, namun sejatinya brand bukanlah hanya sekedar logo, namun "nilai" yang muncul dari produk dan pelayanan atas produk tersebut kepada customer. 

Justru ketika ketergantungan pesaing terhadap produk kita semakin tinggi maka bargaining power kita kepada pesaing semakin tinggi, disinilah bukti bahwa sebenarnya brand UMKM tersebut telah mulai memiliki kekuatan jual yang tinggi.

Dari semua uraian di atas, kami ingin mengingatkan kepada para pelaku UMKM untuk tetap menjaga hubungan baik dengan para pesaing, dan mohon dihindari persaingan harga yang saling mematikan masing-masing pihak dan juga black campaign yang menjelek-jelekkan produk pesaing. 


Baca juga: