Laman

  • Home

Rabu, 12 Juli 2017

Membangun Jejaring Pemasaran Produk UMKM Kota Magelang

Business Matching UMKM Kota Magelang dengan UMB

Membangun Jejaring Pemasaran UMKM Kota Magelang.

Harus diakui, kami banyak terbantu dengan Moderator business matching hari ini, yaitu Bapak Purwanto (Ipung) dari DPMPTSP Jawa Tengah dalam pembekalan "Memperkuat Jaringan Bisnis UKM Menuju Daya Saing Global" dalam kegiatan Business Matching (Temu Usaha) antara pelaku UMKM dengan UMB di Kota Magelang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh DPMPTSP Kota Magelang di Bakorwil Ex Kedu Kota Magelang. Dengan bantuan beliau maka pada hari ini banyak kerjasama antara UMKM dengan perusahaan menengah di Kota Magelang bisa menelurkan beberapa kerjasama dan MOU, baik dengan pihak pengusaha hotel maupun dengan toko oleh-oleh di Kota Tegal. Inilah quick win yang ingin kita capai dalam setiap kegaiatan business matching yang diadakan.

Acara business matching ini dibuka langsung oleh Walikota Magelang, Bapak Sigit Widyonindito, tersebut dihadiri sekitar 30 pelaku UMKM, pemilik usaha hotel dan toko oleh-oleh di Kota Magelang. Dalam pembukaannya Walikota mengingatkan kembali kepada para pelaku usaha di kota Magelang kepada visi kota Magelang yaitu "Magelang Sebagai Kota Jasa Yang Modern dan Cerdas Dilandasi Masyarakat Sejahtera dan Religius”. 

Beliau juga memberikan kabar baik bahwa dalam kepemerintahaannya Kota Magelang bisa mengurangi angka kemiskinan sebesar 6%, yang berarti lebih tinggi dari apa yang bisa dicapai oleh pemerintah propinsi Jawa Tengah yang hanya sekitar 1%.  Pencapaian ini tidak terlepas dari program-program peningkatan kesejahteraan melalui pembinaan UMKM di Kota Magelang.

Acara dibuka langsung oleh Walikota Magelang didampingi PLT DPMPTSP Kota Magelang
Walikota Magelang, Sigit Widyonindito
Penyerahan plakat Kota Magelang
Memang dengan hadirnya Bapak Walikota Magelang dalam acara ini, peserta terutama dari kalangan UMKM sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, bahkan ketika ada ekstensi waktu pun tetap ditunggu oleh para pelaku UMKM. Banyak dari para pelaku UMKM mendapatkan kesepakatan kerjasama sehingga bisa kami katakan bahwa kegiatan ini cukup sukses dan bisa dikembangkan di kemudian hari.

Sebagai pemateri, Kadin Jawa Tengah yang kami wakili didampingi oleh Kadin Kota Magelang memberikan pembekalan awal mengenai definisi kemitraan, tujuan, jenis kemitraan, hakekat dan strategi kemintraan. Tidak lupa kami juga mengingatkan bahwa yang paling penting adalah pasca kegiatan ini disamping juga kami sodorkan solusi (quick win) yang dengan cepat ditanggapi oleh moderator kami untuk segera "menjodohkan" satu pelaku usaha dengan para pengusaha menengah.

Penandantanganan LOI dan MOU
Penandatanganan LOI dan MOU

Foto bersama para pengusaha menengah Kota Magelang.

Tindak Lanjut Kerjasama

Beberapa tindak lanjut kegiatan ini telah disepakati, antara lain: 1) Secara berkala Kadin Kota Magelang dan DPMPSTSP Kota Magelang akan memonitor hasil kerjasama antara UMKM dengan perusahaan menengah di Kota Magelang, dan selanjutnya akan menginformasikan hasil monitor ini kepada Kadin Jawa Tengah. 2) Membuat forum diskusi (grup WA) yang akan dikoordinasikan oleh Kadin Kota Magelang. 3) Kadin Jawa Tengah akan memberikan beberapa pembekalan pemasaran, promosi dan branding di Kota Magelang sebagai kerjasama Kadin Kota Magelang dengan PHRI Kota Magelang.

Memang dalam membangun kemitraan, kegiatan follow up dan komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk mewujudkan tujuan kerjasama (kemitraan) tersebut dan pihak yang terkait perlu untuk melakukan monitoring secara berkala terhadap progress kerjasama ini.

Foto Walikota dengan salah satu pelaku UMKM Kota Magelang

Foto Walikota dengan salah satu pelaku UMKM Kota Magelang
Semoga kegiatan-kegiatan temu usaha (business matching) di kota dan kabupaten lain bisa dikemas dengan cara demikian agar pelaku UMKM bisa langsung mendapatkan pasar setelah kegiatan temu usaha dilakukan. Tidak perlu dengan pasar di luar kota atau kabupatennya melainkan cukup kuasai pasar lokal terlebih dahulu.