Laman

  • Home

Rabu, 14 Juni 2017

Beberapa Contoh Promosi Yang Bisa Dipertimbangkan Oleh UMKM


Apakah menurut Anda sudah cukup hanya dengan menciptakan produk berkualitas, lantas orang banyak pasti akan membelinya? Tidak. Suatu produk yang berkualitas tetap memerlukan alat bantu supaya dikenal orang banyak, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Sarana itu disebut cara promosi produk. Promosi bertujuan untuk memberikan informasi, memengaruhi, membujuk, dan mengingatkan pelanggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Jadi, promosi adalah cara perusahaan atau produsen mengenalkan sebuah produk baru kepada konsumen agar konsumen mengetahui kelebihannya dan membeli produk tersebut. Promosi adalah sesuatu yang mutlak dilakukan dalam dunia bisnis.

Lalu, apa itu bauran pemasaran? Bauran pemasaran adalah gabungan dari beberapa promosi untuk satu produk agar hasilnya lebih memuaskan dan meningkatkan angka penjualan.

Mari kita selami lebih dalam mengenai seluk beluk promosi. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat memilih jenis promosi yang seperti apa yang sesuai untuk memasarkan produk Anda. Terdapat empat jenis promosi, antara lain:

Periklanan (Advertising)

Image result for advertising
Advertising

Menurut William J. Shultz, periklanan adalah suatu cara promosi untuk meningkatkan permintaan suatu produk, jasa, atau lembaga penjualan melalui surat atau menggunakan media sebagai perbandingan. Jenis promosi ini bersifat non personal karena menggunakan media, sehingga produsen tidak berinteraksi langsung dengan konsumen, namun tetap bertujuan untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap suatu produk. Promosi seperti ini memerlukan biaya, sehingga tidak jarang ada yang bersedia menjadi sponsor.
Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

Image result for Personal Selling
Personal Selling
Personal selling adalah salah satu bentuk promosi secara personal atau bertatap muka, dan disampaikan dalam presentasi lisan kepada calon konsumen untuk mengenalkan dan mengajak secara persuasif agar mereka mau membeli produk di saat yang bersamaan atau pun di kemudian hari. Dengan bertemunya wiraniaga dan konsumen, diharapkan terjadi komunikasi dua arah yang efektif.

Wiraniaga akan mengenalkan dan menjelaskan kelebihan suatu produk, calon konsumen dapat bertanya dan medapatkan jawaban secara langsung, sehingga proses transaksi pembelian cepat terjadi. Untuk itulah, seorang wiraniaga yang melakukan personal selling ini harus memiliki sikap yang sopan, komunikatif, menarik, dan menguasai sebuah produk dengan baik. Kekurangannya adalah biaya operasional jenis promosi ini cukup tinggi. Bagaimana tidak mahal? Satu orang wiraniaga tidak akan cukup untuk menarik banyak konsumen, sehingga untuk promosi yang ini memang diperlukan banyak wiraniaga yang juga tidak murah insentifnya.

Publisitas (Publicity)
Image result for Publicity
Publisitas
Publisitas adalah promosi yang bersifat non personal terhadap permintaan suatu produk atau jasa yang bersifat komersial di dalam media yang dipublikasikan melalui televisi atau radio, namun pembayarannya berasal dari dana produsen, bukan sponsor (Philip Kotler, 1987). Maksudnya adalah promosi mengenai pelayanan, kepuasan konsumen, dan informasi tentang suatu produk dalam sebuah liputan berita di televisi atau radio, agar banyak orang yang mengetahuinya.

Promosi Penjualan (Sales Promotion)


Image result for Sales Promotion
Sales Promotion
Promosi penjualan adalah berbagai jenis promosi yang lain untuk melengkapi tiga jenis promosi di atas di dalam dunia bisnis, supaya lebih efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Berdasarkan definisi tersebut, promosi penjualan juga dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis, yaitu:

Trade promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk meningkatkan daya beli dari pedagang grosir, retail, eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang atau jasa dari produsen.

Customer promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk menarik lebih banyak costumer atau pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

Business promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk mempertahankan pembeli agar loyal terhadap perusahaan atau produsen, meraih pelanggan baru, mengenalkan produk baru jika ada, dan membuat pelanggan membeli produk baru dan tetap membeli produk lama. Intinya adalah, bagaimana menjaga bisnis tetap terjaga dengan baik, secara kualitas dan tren pembeli yang meningkat.

Sales-force promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk memaksimalkan komponen pendukung penjualan agar permintaan sebuah produk meningkat.

Nah, setelah memahami berbagai definisi dan tujuan dari promosi ini, maka Anda akan lebih paham bagaimana cara mempromosikan produk unggulan perusahaan Anda. Akan lebih baik jika Anda tidak hanya mengandalkan satu jenis promosi, namun mengombinasikan berbagai jenis promosi yang sesuai dengan target pasar, sehingga lebih menarik minat konsumen. Apalagi di zaman milenium yang serba canggih ini. Seperti syair yang disenandungkan oleh Camelia Malik, “hidup penuh liku-liku, ada suka, ada suka”. Oke, stop bernyanyi dan kembali pada dunia bisnis sekarang yang juga penuh liku-liku. Anda diharuskan untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan adaptif dalam mempromosikan produk.

Kenapa kreatif? Karena Anda harus membuat promosi produk yang unik supaya konsumen langsung terpaut hati dan pikirannya, saking uniknya iklan yang Anda buat. Promosi produk juga harus inovatif, menggunakan cara promosi yang baru dan lain daripada yang lain. Adaptif maksudnya adalah cara promosi produk yang sesuai dengan target pasar dan perkembangan zaman. Baiklah, jika pikiran Anda masih remang-remang memahami konsep promosi dalam bisnis, sekarang akan kami bagikan detail 26 cara promosi produk yang efektif. Simak dengan baik, ya.

Mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai tempat promosi
Image result for Social Media Marketing
Social Media Marketing
Kini kita hidup dalam era digital, tempat orang lebih banyak bertemu dan berbicara di dunia maya. Untuk itu, buatlah akun di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Line misalnya, untuk mengoptimalkan promosi produk Anda. Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau menambah follower menggunakan jasa internet marketing. Aktif di sosial media, selain mengenalkan produk dengan menarik, juga dapat menjalin percakapan langsung dengan konsumen, sehingga cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan penjualan produk Anda.

Menjadikan Pembeli Sebagai Agen Promosi Anda

Image result for Selling Agent
Pembeli sebgai selling agent
Inilah alasannya mengapa kepuasan konsumen harus dijaga. Karena ketika konsumen berpuas hati terhadap produk yang Anda keluarkan, maka secara tidak langsung Anda akan mendapatkan agen promosi. Konsumen akan dengan sukarela melakukan personal marketing dari mulut ke mulut dengan menceritakan betapa dia puas dengan produk Anda, dan membeberkan berbagai kelebihannya. Dapat dibayangkan, bagaimana jika Anda dapat menjaring hati konsumen yang ternyata pintar seperti salesman? Grafik penjualan Anda pasti meningkat!

Memberi Potongan Harga (Diskon)

Image result for Discount Promotion
Memberikan potongan harga atau harda khusus
Siapa sih, yang tidak tertarik dengan tulisan diskon yang besar dan berwarna merah saat berbelanja? Anda sebagai produsen dapat menggunakan cara ini sebagai salah satu cara promosi yang efektif. Konsumen akan lebih dulu mendatangi area berdiskon dibandingkan produk yang sama dengan harga biasa. Ini adalah tanda pertama bahwa produk Anda akan dibeli oleh konsumen.

Membentuk Kemitraan

Image result for Kemitraan
Membentuk Kemitraan
Membangun jaringan kemitraan dengan perusahaan atau produsen yang bukan pesaing produk kita, juga merupakan salah satu cara jitu untuk menarik pembeli. Anda bisa mendapatkan akses bisnis berupa pelanggan baru dan saling membantu sesama pengusaha yang sedang merintis dalam dunia bisnis.

Membuat Pertandingan Mengenai Produk Anda

Image result for Kongbap Event
Event Online
Mengadakan kompetisi dengan konten produk sekaligus promosi. Anda bisa membuat kompetisi sederhana seperti “tag and win” di media sosial atau review produk berhadiah produk Anda. Selain itu, bisa juga mengadakan event kompetisi besar, seperti kontes wirausaha muda tempat perusahaan Anda menjadi sponsornya.

Menulis liputan berita mengenai profil dan produk Anda

Image result for Press Release
Press Release
Anda bisa mengisi kolom di surat kabar mengenai profil Anda atau perusahaan, beserta penjelasan dan kelebihan produk pada surat kabar yang pembacanya sesuai dengan target pasar yang Anda cari. Jangan lupa, sertakan pula informasi yang jelas tentang bagaimana cara mendapatkan produknya.

Membuat Website atau Blog dengan Konten SEO (Search Engine Optimization)

Membuat Website atau Blog dengan konten SEO
Website atau blog dengan SEO akan meningkatkan traffic kunjungan konsumen terhadap website Anda. Selain tampilan yang menarik, tentunya konten web dengan SEO yang baik akan meningkatkan penjualan produk. Anda bingung mengenai konten SEO? Jangan khawatir, kini telah banyak jasa penulisan konten SEO yang tepercaya kualitasnya, seperti kontenesia.com.

Menggunakan Email Sebagai Sarana Promosi

Image result for Email for Marketing
Email untuk promosi
Lagi-lagi internet adalah cara promosi produk yang sangat efektif. Dengan email, Anda dapat mengantarkan detail produk, informasi diskon terbaru, atau paket promosi kepada jutaan calon pembeli hanya dengan sekali menekan tombol kirim dalam fitur email. Data email pelanggan didapatkan dari kolom yang diisi oleh customer. Anda dapat memfollowupnya secara berkala.

Menampilkan Testimonium dari Public Figure dan Konsumen Lain

Related image
Testimoni dari pelanggan
Anda pernah melihat testimonium dari penulis terkenal berupa kelebihan isi sebuah buku pada sampul depan buku tersebut? Nah, begitulah salah satu contoh ditampilkannya testimonium keunggulan produk sebagai cara promosi yang membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Memberi Bonus Bagi Konsumen
Memberi Bonus Bagi Konsumen
Salah satu cara promosi produk yang efektif adalah memberikan bonus. Misalnya pemberian bonus untuk pembeli pertama dan bonus bagi konsumen yang loyal kepada produk Anda. Dapat juga berupa “beli satu, bonus satu” untuk mengatasi sepinya penjualan. Bagikan juga kupon dan voucher sebagai pemberian bonus.

Sediakan Free Trial Produk
Sediakan Free Trial Produk
Banyak konsumen yang belum percaya kalau belum mencoba secara langsung produk Anda. Jika produk Anda berupa makanan atau parfum, sediakanlah tester agar konsumen dapat mencoba apakah rasanya lezat atau wangi harumnya. Jika produk Anda berupa aplikasi games, buatlah free trial sehingga user dapat memainkannya, bukan tidak mungkin jika dia akan ketagihan dan banyak mengunduh aplikasinya.

Membuat Sistem Membership
Membuat Sistem Membership
Sistem membership adalah salah satu cara menjaga loyalitas konsumen. Dengan menjadi anggota dan memiliki kartu anggota sebagai akses terhadap produk Anda, biasanya anggota mendapatkan potongan harga yang lebih banyak. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan akan mempertimbangkan faktor hemat berupa potongan harga atau poin yang didapatkan dari sistem membership ini.

Membuat Jingle

Membuat Jingle
Jingle yang khas dan mudah diingat menjadi salah satu cara promosi yang membedakan produk Anda dengan yang lain. Sudah banyak jingle yang bahkan kita hafal hingga kini, padahal jingle tersebut ada sewaktu kita masih kecil. Dengan hafalnya jingle tersebut, secara otomatis kita hafal pula nama produknya.

Aktif Dalam Forum Bisnis
Aktif Dalam Forum Bisnis
Biasanya setiap pengusaha memiliki forum sebagai wadah komunikasi. Hal ini penting untuk mendapatkan link, memudahkan kerja sama bisnis dan mendapatkan semangat membara dari pengusaha sukses lainnya.

Membuat Iklan Menarik di TV atau YouTube

Membuat Ikla Menarik di TV atau di YouTube
Membuat iklan dengan audio visual yang menarik akan jauh berbeda hasilnya jika hanya memasang iklan baris di surat kabar. Jika biaya tayang di televisi masih terlalu mahal, Anda bisa memanfaatkan YouTube atau akun lain yang bisa mempromosikan iklan audio visual. Melalui iklan ini, biasanya akan lebih mudah untuk diingat konsumen.

Membuat Brosur, Flyer, Banner atau Sisipkan Produk Anda Dalam Kalender

Membuat Brosur, Flyer, Banner atau Sisipkan Produk Anda dalam Kalender
Pembuatan brosur dan kawan-kawannya, tetap dirasa perlu untuk mempromosikan produk, terutama jika dibagikan dalam sebuah event besar yang dihadiri banyak orang. Menyisipkan gambar produk di kalender juga merupakan sebuah upaya hipnotis secara halus ketika konsumen melihat kalender itu setiap hari, mungkin bulan berikutnya dia akan menjadi konsumen setia Anda.

Buatlah Kegiatan Sosial / CSR (Corporate Social Responsibility)

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)
Membuat kegiatan sosial dalam masyarakat dapat meningkatkan produk, selain mengasah kepedulian terhadap sosial. Brand produk Anda juga akan dikenal sebagai perusahaan yang peduli dengan isu-isu sosial dalam masyarakat.

Ikut dan Menangkan Penghargaan Bisnis

Mengikuti dan Memenangkan Penghargaan Bisnis
Dengan mengikuti kontes wirausaha, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dari pengusaha lainnya dalam mempromosikan produk, belum lagi jika Anda mendapat bonus sebagai pemenangnya. Tentu akan banyak yang meliput Anda, baik itu surat kabar ataupun berita on air, sehingga membuat masyarakat lebih mengenal produk Anda dan tumbuhlah sejenis prestige bagi diri Anda.

Buat sistem free shipping
Buat Sistem Free Shipping
Perbanyaklah agen yang menjual produk Anda. Untuk menyiasati konsumen yang tidak memiliki modal, Anda bisa menawarkan sistem free shipping, sehingga promosi produk tetap berjalan dan penjualan terjadi. Win win solution.

Buat Iklan Baris di Koran

Iklan Baris di Koran
Banyak orang yang masih setia dengan surat kabar. Untuk itulah Anda harus mencoba mempromosikan produk melalui iklan baris di surat kabar. Siapa tahu Anda mendapatkan konsumen setia dari sini.

Jadi Pembicara dalam Talkshow atau Iklan di Radio

Jadi Pembicara dalam Talkshow atau Iklan di Radio
Cobalah semua lini media jika menurut Anda hal itu merupakan cara yang efektif, termasuk mengikuti talkshow di radio. Segmen pendengar setia radio tentu akan mendengarkan dan mempertimbangan produk Anda untuk digunakan.

Mendekati Pelanggan Melalui SMS dan Telepon

Mendekati Pelanggan Melalui SMS dan Telepon
Telepon dan SMS masih menjadi lini lain yang potensial untuk menjadi sarana promosi. Anda bisa menawarkan produk secara persuasif melalui telepon, sehingga terjadi komunikasi dua arah, ataupun melalui SMS yang dibaca oleh calon pembeli.

Simpan Database Konsumen Dengan Rapi

Simpan Database Konsumen dengan Rapi
Data konsumen harus disimpan dengan rapi karena akan sangat berguna untuk follow up promosi yang berkelanjutan. Anda bisa memilih melalui media apa follow up akan dilanjutkan, sesuai dengan bujet yang ada.

Mengikuti Pameran

Mengikuti Pameran
Untuk memperluas jaringan dan promosi produk, mengikuti pameran sangat dianjurkan. Anda akan mendapatkan konsumen lintas pulau bahkan lintas negara dari mengikuti pameran ini.

Bangun Citra Perusahaan dengan Desain Logo, company profile, kartu nama yang menarik

Bangun Ctira Perusahaan dengan Desain Logo
Bangun Citra Perusahaan dengan Desain Logo, company profile, kartu nama yang menarik
Ini adalah hal paling mendasar dari rangkaian promosi yang harus dilakukan. Anda harus benar-benar menyiapkan logo dan lain-lain agar eye cacthing saat konsumen melihatnya.

Jangan Lupa Survei Pelanggan Setelah Penjualan

Jangan Lupa Survey Pelanggan Setelah Penjualan
Terakhir, cobalah untuk survei konsumen untuk mengevaluasi apakah promosi yang telah Anda jalankan berhasil, atau terdapat saran dan kritik untuk memperbaiki promosi di kemudian hari.

Itulah 26 cara promosi produk secara detail agar berguna bagi Anda. Perlu diingat bahwa promosi merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi berkembangnya bisnis Anda, namun jangan berlebihan. Siapkanlah biaya yang sesuai dengan bujet tersedia. Tak dimungkiri beberapa promosi akan memakan biaya besar. Untuk itu, pertimbangkanlah dengan matang promosi apa yang paling sesuai. Selamat mencoba dan salam sukses untuk Anda.


Baca juga: