Laman

  • Home

Sabtu, 06 Mei 2017

Tips Membangun Sebuah Team Kerja Yang Padu

Image result for build great team work
Tips Membangun Sebuah Team Kerja Yang Padu

Tidak mudah membangun team kerja yang hebat, tetapi bagaimanapun juga anda harus memilikinya agar usaha anda tumbuh dan berkembang. Saya mulai tergelitik ketika banyak teman-teman UMKM dan para manajer mengeluh betapa sulitnya membangun sebuah team kerja dengan anggota team yang berlatar belakang berbeda-beda.

Memang dibutuhkan kemampuan manajerial yang cukup untuk bisa membangun sebuah team yang hebat, dan kemampuan manajerial ini dimulai dari manajemen SDM. Kemampuan seorang leader dalam memahami potensi, kondisi saat ini, target dan permasalahan yang dihadapi merupakan modal yang sangat penting dalam membangun sebuah team yang baik, terlepas dari gaya kepemimpinan mereka.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan dalam membangun team kerja:

Memahami latar belakang anggota team anda.

Ini adalah tahapan awal dalam mengetahui potensi yang ada di dalam team kita. Membaca CV atau data yang kita dapat secara terlulis perlu kita konfirmasikan secara langsung, one-to-one dengan masing-masing anggota team. Kadang apa yang tertulis menjadi berbeda dengan apa yang akan kita dengar dari mereka.

Kemampuan seorang leader dalam mengeksplorasi informasi dari anggota team adalah kunci bagaimana dia memahami potensi yang ada dalam teamnya. Jangan sungkan untuk menanyakan di bidang apa mereka memiliki kemampuan yang terbaik.

Catat apa yang mereka suka dan tidak suka.

Sangat penting untuk memahami karakter dari masing-masing anggota team, karena mungkin kita belum mengenal mereka dalam waktu yang cukup lama, maka tanyakan apa yang mereka suka dan tidak suka.

Semakin banyak informasi apa yang mereka suka dan tidak suka, maka akan semakin banyak membantu kita mengenali karakter mereka satu per satu. Informasi ini merupakan koridor dalam me-manage anggota team secara personal.

Tanyakan apa yang mereka inginkan untuk team ini di masa mendatang.

Seorang leader harus tahu apa yang diinginkan oleh masing-masing anggota teamnya, prestasi yang baik lebih mudah dicapai apabila mereka merasa bahwa aspirasi mereka terakomodasi dalam tujuan dan target team.

Tujuan menjadi penting dalam sebuah kinerja, karena hal inilah yang menjadi arah dan motivasi mereka dalam bekerja.

Melakukan penyetaraan pola pikir dan sikap terhadap visi

Setelah memperoleh semua informasi di atas seorang leader harus mampu melakukan penyetaraan pola pikir dan sikap anggota team, dengan memberikan gambaran jelas mengenai tugas, tanggung jawab dan target team. Pemahaman visi adalah hal tersulit dalam penyetaraan ini, tetapi jika hal ini bisa dilakukan maka menyamakan pola pikir menjadi lebih mudah.

Membuat gambaran tugas, tanggung jawab dan target dengan jelas.

Pemahaman seorang leader atas beban tugas dan target yang diberikan adalah dasar bagaimana dia bisa menggambarkan tugas-tugas tersebut secara gamblang kepada seluruh anggota team. Kemampuan untuk membuat detail atas tugas dan fungsi setiap anggota team adalah bukti bahwa dia adalah seorang leader.

Pembebanan tugas kepada masing-masing anggota berdasarkan latar belakang (potensi), kemampuan dan minat mereka merupakan awal pencapaian prestasi bagi sebuah team.  Setiap anggota team harus mengetahui posisi dan fungsi mereka masing-masing, dan paham apa yang mereka melakukan akan mempengaruhi kinerja anggota team yang lain.

Kemampuan seorang leader dalam membuat interkoneksi antar anggota team karena dasar saling mengisi dan mendukung adalah kemampuan yang perlu dibangun oleh seorang leader. Pengetahuan dan pengalaman kerja akan sangat membantu seorang leader dalam memahami semua ini.

Membangun komunikasi antar anggota team yang produktif.

Dasar dari semua team work adalah komunikasi yang terbuka dan produktif, Setiap anggota team harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar informasi yang tersampaikan tidak "membingungkan" bagi anggota team yang lain. Anggota team harus dilatih dalam hal ini.

Report & monitoring.

Kepercayaan adalah hal yang mendasari sebuah team work, tetapi dalam membangun kinerja semua anggota team harus memiliki kesadaran dalam membuat laporan yang faktual agar pimpinan bisa melakukan monitoring kinerja dengan benar dan obyektif.

Kita mengetahui bahwa setiap orang memiliki gaya kepemimpinan masing-masing, tetapi tahapan-tahapan d atas merupakan dasar-dasar membangun team kerja yang padu. Tentunya dasar-dasar ini bisa dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kemampuan kepemimpinan masing-masing leader.

Setiap orang harus belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan menyakini bahwa proses awal bisa kurang "menyenangkan" karena ada ego yang tidak terpuaskan, tetapi mereka harus paham bahwa beban tugas, tanggung jawab dan target merupakan fokus yang harus mereka perjuangkan.

Semua yang saya tulis di atas adalah berdasarkan pengalaman saya dalam membangun team work, semoga bermanfaat.

Baca juga: