Laman

  • Home

Senin, 29 Mei 2017

Kementerian Koperasi dan UKM Luncurkan LUNAS – Layanan UMKM Naik Kelas

LUNAS diluncurkan oleh Kemenkop dan UKM
Untuk mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan FOKUS UMKM meluncurkan LUNAS-Layanan UMKM Naik Kelas, sebuah aplikasi berbasis android yang berfungsi sebagai manajemen pendampingan UMKM secara online.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha yang diwakili Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution, di Medan, Senin (22/5) saat acara Diseminasi Kerjasama Pendampingan usaha KUMKM Regional III. Acara itu diikuti 30 orang Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM, dari 15 daerah di Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Banten, dan Sumba Barat Daya.

Lebih lanjut Eviyanti memaparkan, melalui aplikasi LUNAS diharapkan UMKM mampu sebagai penggerak ekonomi, berdaya saing, maju dan mandiri, dan menjadi wirausaha yang layak dan inovatif. Aplikasi LUNAS bisa diunduh di google play store maupun diakses langsung melalui www.umkmnaikkelas.com . Aplikasi LUNAS menyediakan dual layanan dasar yakni manajemen UMKM Naik Kelas dan manajemen Pendamping Naik Kelas. Selain itu LUNAS juga menyediakan layanan info terkini seputar UMKM, info Produk UMKM, berita-berita UMKM, dan juga agenda kegiatan UMKM.

Beberapa layanan pendampingan yang tersedia di aplikasi tersebut adalah layanan bidang kelembagaan, SDM, produksi, pembiayaan, dan pemasaran. Juga tersedia layanan pendampingan bidang keahlian konsultasi, pelatihan, coaching, dan mentoring. “Melalui HP masing-masing, UMKM di seluruh penjuru tanah air bisa dengan gampang menemukan pendamping UMKM yang sesuai dengan kebutuhannya dan melakukan konsultasi langsung secara online,” ujarnya.

Di forum yang sama Samsul Hadi Founder FOKUS UMKM yang juga sebagai Ketua Umum DPN ABDSI menjelaskan , manfaat LUNAS bagi UMKM diantaranya: memperoleh pendampingan berkelanjutan secara professional, mendapatkan akses ke sumberdaya produktif, memperoleh promosi dan publikasi, dan mendapatkan jaringan usaha luas, Sedangkan bagi pendamping UMKM, LUNAS bermanfaat untuk: terupdate informasi seputar UMKM, publikasi dan promosi , mendapatkan capacity building, sertifikasi profesi pendamping UMKM, dan berpeluang mengikuti program-program di Kementerian Koperasi dan UKM maupun di lembaga-lembaga mitra lainnya.

 “LUNAS menjadi sarana bertemunya UMKM dengan pendamping secara cepat, mudah, dan murah. Cepat dalam memperoleh layanan pendampingan, Mudah dioperasikan, murah biayanya ” Ucap Samsul Hadi.

 
Sumber: http://cis-nasional.id

Baca juga:

1. Kartu IUMK (Ijin Usaha Mikro Kecil), Kartu Debit dan Jaminan Pengakuan Usaha Mikro Kecil.
2. Peran BRI Dalam Mendukung Usaha Mikro Kecil.
3. Eksekusi IUMK di Tahun 2015, Jawa Tengah Paling Tinggi Penerbitannya.