Laman

  • Home

Senin, 20 Maret 2017

PUM Netherlands, Berbagi Pengalaman Dan Pengetahuan Untuk Para UMKM Jawa Tengah

PUM Netherlands, berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk pengembangan usaha
PUM Netherlands adalah sebuah organisasi non profit dari Belanda yang beranggotakan para expert atau orang-orang yang telah menjadi praktisi di berbagai bidang di duinia usaha. Ada sekitar 3.000 expert yang "bisa diserap" ilmunya oleh para pelaku usaha di Indonesia, terutama untuk skala UMKM. Mereka adalah para pensiunan expert dari berbagai perusahaan besar di Belanda dan Eropa yang tinggal di Belanda.

Pengetahuan, pengalaman dan best practise adalah hal-hal yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan akselerasi usaha. Oleh sebab itu PUM Netherlands menawarkan hal-hal tersebut kepada para pelaku UMKM di Jawa Tengah melalui perwakilannya di Semarang, yaitu Bu Jenny Maharadjasa yang merupakan pemilik dari Toko Oen dan Bapak Peter Purnomo yang merupakan pemilik Toko Musik Purnomo.

Pada hari Senin, 21 Maret 2017 bertempat di Toko Oen Jl Pemuda Semarang, PUM Netherland mengundang para pelaku UMKM melalui beberapa asosiasi seperti Kadin Jawa Tengah dan HIPMI Jawa Tengah untuk mendengar dari depan apa-apa yang bisa PUM lakukan untuk pengembangan usaha mereka.

Pada kesempatan ini kami mengajak beberapa pelaku UMKM binaan kami, salah satunya adalah produsen Sambel Bandeng MINA Semarang, produsen coklah KAKATOA Kendal dan para pelaku usaha online. Dengan menghadirkan para pelaku usaha langsung dalam pertemuan ini harapan kami adalah agar mereka bisa mengajukan pertanyaan terkait apa yang mereka butuhkan saat ini, dan apa yang PUM bisa lakukan untuk mereka.

Produsen Sambel Bandeng Mina

Produsen Coklat KAKATOA
PUM Netherlands akan menghadirkan expert yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha, mulai dari permasalahan teknologi produsi, manajemen produksi, manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran sampai dengan hal-hal yang akan menjadi best practise dalam pengembangan usaha.

Masih banyak pelaku UMKM yang belum menyadari arti pentingnya kehadiran para expert dalam membantu menyelesaikan permasalahan praktis usaha mereka, bahkan sementara pelaku UMKM yang hadir masih beranggapan PUM akan memberikan solusi instan sebagaimana yang mereka harapkan dari beberapa konsultan yang ada saat ini. PUM akan memberikan saran dan advise kepada para pelaku usaha dalam menyelesaikan permasalahan usaha di lapangan dengan best practise dan cara-cara yang telah terbukti berhasil dalam menyelesaikan masalah. Pengalaman mereka bekerja di perusahaan di Eropa yang lebih mapan akan banyak membantu para pelaku usaha, terutama yang memang berorientasi pada ekspor. 

Dalam kesempatan ini PUM juga menekankan bahwa mereka tidak "memberikan uang" kepada UMKM, melainkan "cara" bagaimana mereka mendapatkan uang. Mereka tidak memberikan "desain" kemasan kepada pelaku UMKM melainkan memberikan cara bagaimana mereka merancang dan memiliki desain kemasan yang baik. Bukan masalah desainnya, melainkan bagaimana mereka mengajarkan bagaimana mereka memahami cita rasa desain yang dibutuhkan oleh pasarnya. Dalam pemasaran, mereka tidak akan menyodorkan strategi pemasaran dalam daftar yang rapi melainkan mengajarkan bagaimana para pelaku UMKM mengenal dan mengetahui kebutuhan pelanggan dan selanjutnya mereka mampu memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan tersebut.

Mr Geoge Costner sebagai koordinator expert di PUM Netherland memberikan penjelasan bagaimana para pelaku usaha bisa mengajukan permohonan expert kepada PUM melalui email dan website mereka, yang di dalamnya harus menyertakan permasalahan yang ingin dipecahkan agar PUM bisa memilih expert yang tepat. Expertise ini diberikan GRATIS, para pelaku usaha hanya dibebani biaya transportasi lokal dan akomodasi (penginapan). Mereka tidak mempersyaratkan fasilitas yang mahal, seperti misalnya untuk penginapan yang penting bersih, berAC dan air hangat, tidak harus berbintang 4 atau 5. 

Dalam kesempatan ini kami juga meneruskan apa yang diinginkan oleh Ketua Umum Kadin Jawa Tengah untuk bergandengan dengan PUM Netherlands melalui kerjasama. Kadin Jawa Tengah juga akan mengajak PUM Netherlands untuk melakukan road show bersama ke semua Kadin Daerah untuk memberikan expertise praktis kepada para pelaku UMKM di daerahnya masing-masing. Hal ini telah disampaikan langsung oleh Ketua Kadin Jawa Tengah, Bapak Kukrit Suryo Wicaksono, kepada Mr. George Costner pada kesempatan meeting Senin pagi in.


Foto bersama: UMKM binaan Rumah UMKM bersama Mr George Costner, Ibu Jenny Maharadjasa dan Bapak Peter Purnomo.

Jempol untuk kolaborasi yang rapi dengan PUM di masa mendatang.
Semoga fasiltas yang jarang ada ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Jawa Tengah dalam menjawab banyak tantangan global di dunia bisnis saat ini. Jangan berpikir pada biaya yang akan dikeluarkan melainkan bagaimana mereka bisa mengatasi masalah yang mereka hadapi hari ini dan masa mendatang. Hal ini merupakan investasi paling berharga dalam usaha.