Laman

  • Home

Rabu, 01 Maret 2017

Peluang Pasar Ekspor Produk Pangan Di Belanda

Image result for vanka kawat
Belanda, Pasar Produk Pangan Indonesia
Berkesempatan komunikasi langsung dengan sebuah perusahaan catering di Belanda membawa saya memiliki akses komunikasi ke toko bahan makanan dan wholesale (importer) di Belanda. Yang membuat saya tertarik dengan perusahaan catering ini adalah bahwa perusahaan yang dimiliki oleh orang asli Belanda ini memasak masakan Indonesia dan beberapa produk kerajinan Indonesia sebagai tambahan usahanya.

Hal yang tidak disengaja ini adalah karena awalnya pemilik usaha ini menanyakan kepada saya apakah bisa bantu mendapatkan busana batik untuk para staftnya yang notabene orang bule semua. Saya merekomendasikan beberapa produsen batik di Jawa Tengah (terutama yang memiliki website) kepadanya karena dia ingin membelinya secara online.

Dari pembicaraan ini, saya coba bertanya apa yang menjadi menu utama usaha cateringnya dan dia mengatakan bahwa cateringnya khusus untuk masakan Indonesia. Nah, ini baru menarik ! Mengapa ? 

Berarti catering ini butuh bahan-bahan dari Indonesia, dan hal ini saya tanyakan langsung kepadanya dan dijawab bahwa dia membelinya dari sebuah toko bahan makanan milik orang Belanda yang selanjutnya saya telusur lagi darimana toko tersebut mendapatkan barangnya. Wholesale (importer) merupakan target saya setelah mendapatkan nama wholesale tersebut dari toko tersebut.

Ternyata banyak produk Indonesia baik dari perusahaan besar maupun UMKM yang diimpor oleh wholesale ini dari Indonesia dan negara-negara asia lain. Wholesale ini memang sangat besar dan kuantitas impornya pun cukup luar biasa, sehingga harga produk sampai di tangan perusahaan catering sangat kompetitif. Saya coba untuk berhitung berapa harga produk (yang direferensikan) dengan transpor , tax dan duties untuk kuantitas kecil jika perusahaan catering itu beli sendiri, tetapi harga itu menjadi tidak kompetitif lagi karena masalah kuantitas.

Oleh sebab itu target pasar kami adalah wholesale besar tersebut, dan langkah yang akan saya lakukan adalah menginventarisasi produk perusahaan besar selaku otomotif dan produk UMKM selaku gerbongnya untuk saya tawarkan kepada wholesale tersebut. Sebuah peluang pasar ekspor yang perlu kami buka untuk teman-teman UMKM semua.

Produk yang diminati dan banyak diimpor adalah : bermacam-macam sambal khas Jawa, bumbu racik masakan jawa, berbagai macam krupuk, tepung premix untuk kue, mie instan, kecap, gula cair, gula aren, gula kelapa, minyak kelapa dan banyak lagi. Bagi para pelaku UMKM yang memiliki produk-produk tesebut dan telah bagus packaging dan kelengkapan dokumennya bisa segera menawarkan produknya kepada kami untuk kami seleksi dan tawarkan kepada wholesale tersebut.